Siswi SMPN 1 Kota Bengkulu Ciptakan Mesin Hand Sanitizer Otomatis

Siswi SMPN 1 Kota Bengkulu Ciptakan Mesin Hand Sanitizer Otomatis

Raih Juara 3 Nasional Kihajar STEM 2020

RBO >>>  BENGKULU >>>  Salah seorang siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Bengkulu, Nasya Kenzia berhasil meraih juara 3 Nasional Kihajar Sciene Technology Engineering Math (STEM) 2020 kategori video STEM. Nasya -- sapaan akrabnya, sukses menciptakan mesin hand sanitizer secara otomatis.

"Alhamdulillah, siswi kami bernama Nasya Kenzia telah meraih kesukseskan yang luar biasa. Yaitu juara 3 Nasional kategori video STEM Kihajar 2020 (video kreatif). Ia telah mengharumkan nama Kota Bengkulu, dan Provinsi Bengkulu. Suksesnya siswi kami ini, tidak lupa terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota, yang sudah mendukung siswi kami hingga meraih juara 3 nasional," ujar Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu, Idiarman, M.Pd kepada radarbengkuluonline.com saat dihubungi di ruang kerjanya tadi siang.

Untuk penghargaan yang diberikan pihak sekolah atas prestasi membanggakan siswinya tersebut, sekolah memberikan penghargaan berupa beasiswa dan dibebaskan dari semua pembiayaan sekolah, ditambah reward lainnya. "Semoga kedepan akan memperoleh yang lebih baik lagi. Sukses untuk ananda Nasya. Sukses juga bagi para pembina, dan sukses untuk SMPN 1, Dikbud Kota dan Kota Bengkulu," tuturnya.

Sementara itu, Nasya Kenzia mengaku sangat senang dan bangga, bisa berhasil merih juara 3 tingkat Nasional. Terlebih lagi, sudah menyingkirkan pesaing lainnya di seluruh Indonesia. "Alhamdulillah, ini suatu pencapaian prestasi yang membanggakan untuk saya. Terima kasih saya ucapkan kepada kedua orangtua yang terus mendukung saya, keluarga besar SMPN 1 terus memberikan arahan dan bimbingannya, sampai akhirnya bisa meraih juara 3 tingkat Nasional," kata Nasya.

Dijelaskannya, cara membuat mesin hand sanitizer secara otomatis ini, siapkan alat dan bahan , Arduinouno, Pompa DC5V, Infared Proximity Sensor, Voice Recording Module, Casing CPU Bekas, Kabel Ac/DC Adaptor, Kotak Plastik, Speaker, Relay, Sabun Cair, Pipa, Pipa Bening, Botol, Wadah Kecil, Sekrup dan Obeng.

"Pembuatan mesin hand sanitizer otomatis ini, sudah mencakup dari STEM. Jika dilihat dari Science salah satu kompenen yang terdapat adalah relay, yang menggunakan prinsip elektro magnetik untuk menggerakan kontak saklar, sehingga arus listrik yang lebih kecil, dapat menghantarkan listrik tegangan yang lebih tinggi. Jika dilihat dari segi technology hand sanitizer ini dirancang dengan menggunakan mesin-mesin yang canggih. Seperti Arduinouno merupakan otak untuk mengendalikan imput dan ouput, dengan mendesain (enginnering) hand sanitizer ini sudah termasuk penerapan bidang studi enginnering. Sedangkan dari segi mathematics, kami menggunakan view yang bentuk balok. Balok merupakan sebuah ruang, sehingga memungkinkan untuk menaruh komponen di dalamnya. Dan juga dilakukan proses pengukuran, terhadap kabel, pipa dan selang yang sudah digunakan," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: