Dam Parit Jebol, Puluhan Hektar Sawah Kekurangan Air

Dam Parit Jebol, Puluhan Hektar Sawah Kekurangan Air

RBO, ARGA MAKMUR – Para petani yang berada di Dusun Air Solok, Desa Samban Jaya, Kecamatan Batik Nau menjerit akibat jembolnya Dam Parit yang menjadi penampung perairan persawahan sekitar yang diketahui sebagai lumbung padi di Kecamatan Batik Nau.

Diketahui Dam Parit tersebut sebagai jalur air di saat musim kemarau yang mampu mengaliri persawahan sekitar 30 hektar yang di bangun sekitar tahun 2000 yang sampai saat ini belum ada perbaikan dari dinas terkait. Saat ini mengalami rusak parah setelah jebol diterjang banjir beberapa waktu lalu.

Kepala Dusun Air Solok, Sunarto mengatakan rusaknya Dam Parit ini sangat berdampak bagi petani setempat dikarenakan ada sekitar 30 hektar sawah yang air nya dari aliran siring tersebut yang di mana dari 30 hektar terdapat 15 hektar yang saat ini kesusahan mendapatkan air. "Saat ini kan mulai bercocok tanam kembali, para petani mulai membajak persawahan, namun terkendala air. Jebolnya Dam Parit ini ada sekitar lebih kurang 15 Hektar persawahan yang kesulitan aliran airnya,” singkat Sunarto.

Kades Samban Jaya, Didik Suprayogi mengatakan pembangunan Dam Parit tersebut di bangun sekitar tahun 2000 dan mengharapkan adanya perhatian khusus dari dinas terkait. "Ini pembangunannya sekiat tahun 2000 an, yang sampai saat ini belum menyentuh perbaikannya sama sekali, harapan kita dinas terkait dapat membantu para petani kita yang saat ini kesusahan mendapatkan air," singkat Kades Didik Suprayogi. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: