Pemilu Berintegeritas dan Damai Harapan Semua Pihak

Pemilu Berintegeritas dan Damai Harapan Semua Pihak

RBO, KAUR - Plt Bupati Kaur Sdri. Yulis Suti Sutri, S.KM menungkapkan Pilkada Kaur sudah memasuki tahapan kampanye untuk itu agar tetap terjaga pemilu yang damai semua pihak harus bersinergi dalam pengamanan Pemilu 2020 ini.

"Jangan sampai ada pemeberitaan yang simpang siur dan harapan kita, media mampu menjadi pengyeimbang untuk kiranya bisa menjalin hubungan kesemua pihak untuk menyukseskan Pilkada 2020 nanti," kata Yulis di Mapolres Kaur, Rabu(21/10).

Kapolres Kaur, AKBP. Dwi Agung Setyono, S.IK.,M.H mengungkapkan saat ini pihak Kepolisian sedang menggelar operasi pengamanan yaitu Ops Mantap Praja Nala 2020. Sangat penting dilakukan untuk menjamin situasi Kamtibmas Kondusif.

"Terkait penyelenggara, kita mengharapkan dapat menjalankan tugas dengan aman dan nyaman, bentuk sinergisitas Polri memberi pengamanan kepada pihak penyelenggara selama 24 jam. Dengan tahapan kegiatan yang saat ini berlangsung, Polri memberi jaminan setiap kegiatan berjalan dengan baik dan telah diberikan pengamanan baik terhadap pasangan calon Bupati dan calon wakil Bupati serta calon Gubernur dan Wakil Gubernur," papar Dwi.

Saat ini, tidak ada kendala dalam menjalin sinergitas dengan penyelenggara baik itu dengan KPU maupun Bawaslu selain itu menjalin sinergitas juga dengan TNI dalam hal ini Kodim 0408 Kaur-Bengkulu Selatan.

Pihaknya telah melakukan safari Kamtibmas terhadap masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kaur supaya tercipta pemilu yang damai. Menjalin komunikasi dengan masyarakat dan juga media agar setiap informasi yang diberitakan tidak menjatuhkan atau merugikan orang lain. "Secara umum, situasi di Kabupaten Kaur masih kondusif walaupun persaingan antar paslon panas, Kita berharap masyarakat kaur sudah cerdas dan paham informasi, inilah nilai positif dalam terciptanya situasi di Kaur yang aman dan kondusif," uajrnya.

Bagi setiap Paslon dapat menggunakan masa tahapan kampanye untuk memikat hati masyarakat dengan menyampaikan Visi dan Misi. Menyampaikan imbauan agar kegiatan ini bukan ajang untuk saling menjatuhkan, menyebarkan berita hoax.

"Kita selalu mengingatkan agar masyarakat tidak menjadi martir yang dapat menjadikan situasi tidak kondusif. Apabila ada keputusan keputusan yang tidak sesuai, agar kiranya setiap Paslon menyampaikan sesuai dengan aturan yang berlaku, senantiasa memberikan jaminan untuk lancarnya tahapan Pilkada dan dapat memahami tugas masing-masing individu, dan semua tim pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kaur dapat menjaga dan menciptakan situasi Pilkada 2020 yang aman, lancar, dan kondusif," ujar dia.

Ketua KPUD Kaur Meixxy Rismanto, SE mengatakan kesinergitas itu sangat penting. Karena tanpa adanya Sinergitas seluruh elemen yg bertugas untuk mengawal jalannya Pemilukada tidak dapat berjalan. Selalu berkomunikasi dan berkoodinasi kepada pihak pengamanan TNI-POLRI, Pemerintah daerah, dan wartawan agar tidak terjadi permasalahan ditengah masyarakat

"Kami mengucapkan terima kasih kepada RRI bintuhan telah menyelenggarakan kegiatan sehingga tidak ada berita yang simpang siur di tengah masyarakat. KPU tetap dan selalu berupaya menjalankan tupoksi dengan baik dan berkoodinasi dengan pihak terkait dalam hal ini TNI-POLRI selaku pengaman, Pemda dan PWI," jelas Rismanto.

Begitu juga setiap paslon dapat memberikan informasi yang akurat dan pendidikan politik kepada semua lapisan masyarakat.Perbedaan pandangan itu hal biasa untuk mendapatkan sesuatu yang baik dalam memilih pemimpin Kabupaten Kaur kedepan.

Dalam setiap tahapan demi tahapan KPU selalu mengingatkan untuk tetap bekerja dengan baik, setiap proses tahapan KPU selalu berkoordinasi dengan instansi terkait demi terselenggaranya Pilkada yang aman.

Bahkan Pimpinan KPU RI selalu menyampaikan agar kejadian dimasa lalu menjadi catatan penting agar kiranya pelaksanaan kegiatan pemilu terlaksana dengan transparan.

"Apabila ada permasalahan yang terjadi, ketika kita koordinasikan mudah-mudahan akan terlaksana dengan baik, Begitu juga agar masyarakat tetap menjaga dan memberikan kepercayaan kepada pihak KPU, kami akan meyakinkan terciptanya pemilu yg aman, lancar dan kondusif," ujar Rismanto .

Ketua Bawaslu Kabupaten Kaur, Tony Kuswoyo, S.Sos mengatakan tahapan Pilkada tidak selesai hanya dengan satu lembaga karena tujuan akhir Pilkada ini bukan sekedar untuk mengganti pimpinan, Bahkan suksesnya Pilkada terjadi apabila adanya jalinan sinergitas antar instansi. "Selama tahapan ini, kami selalu melakukan koordinasi dengan pihak KPU, pihak keamanan agar setiap kegiatan pemilu yang akan dihadapi dapat berjalan dengan lancar dan Menjalin sinergitas dengan pihak wartawan agar setiap keputusan yang diberitakan tidak menimbulkan permasalahan," ucap Tony.

Keberlangsungan tahapan Pilkada selalu diawasi oleh pihak Bawaslu, Dalam pelaksanaan pengawasan pilkada tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat saat ini masih dihadapkan dengan wabah Covid-19.

Bawaslu sudah melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya,Pihak Bawaslu tidak akan menciptakan situasi Pilkada yang tidak aman apabila nanti proses Pilkada tidak berjalan dengan baik maka akan terulang kejadian pada tahub 2005 lalu.

"Untuk itu agar masyarakat memberikan kepercayaan kepada kami dalam hal ini pihak penyelenggara demi berjalannya tahapan Pilkada yang aman dan lancar," tutup Sony.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: