Dengar Bakal Ada Bantuan Bergulir, Ramai Muncul UMKM Dadakan

Dengar Bakal Ada Bantuan Bergulir, Ramai Muncul UMKM Dadakan

RBO, SELUMA - Ditengah bergulirnya bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) yang meluncurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 2,4 juta kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kondisi itu langsung dimanfaatkan warga. Di Seluma, sejak bantuan yang disebut program Banpres Produktif ini bergulir, mulai muncul UMKM dadakan. Bahkan, sejumlah Kades dan Lurah mulai ramai diserbu warga, hanya untuk mendapatkan surat keterangan usaha.

"Jadilah, siapa tahu beruntung. Malah seluruh anggota keluarga saya, adik beradik saya daftarkan. Siapa tahu dapat Rp 2,4 juta kan lumayan," kata salah seorang warga di Kecamatan Seluma Selatan yang identitasnya dirahasiakan, Jumat (23/10).

Tak terkecuali di Disperindagkop, juga terlihat ramai diserbu warga. Hal ini setelah informasi terbaru, jika Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan Banpres Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta untuk pengusaha mikro bakal diperpanjang hingga tahun 2021.

"Ada tahap ke 2 bantuan UMKM. Batas akhir 6 November. Warga dapat mendaftar ke desa dan lurah masing-masing," ujar Kepala Disperindag dan UKM Seluma, melalui Kabid Perdagangan, Bainal Amin ST.

Tahap pertama lalu, lanjutnya Disperindag telah mengajukan sekitar 5 ribuan berkas usulan UMKM.

"Pada tahap pertama lalu, yang cair tidak dilaporkan oleh pihak Bank terkait sebagai pihak yang ditunjuk ke Perindagkop. Sehingga kami kesulitan untuk mengetahui berapa yang sudah cair," kata dia.

Dia mengakui, sejak munculnya bantuan tersebut, keberadaan usulan UMKM menjamur. Pihaknya meminta kepada pihak desa dan kelurahan untuk selektif mengeluarkan surat keterangan usaha, dan jangan asal tembak. Meskipun dalam tehnisnya nanti, pihak Bank akan melakukan survei usaha dan kelayakan. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: