Masih Ada Rumah Warga Pasar Ipuh Dikategorikan Tidak Layak Huni

Masih Ada Rumah Warga Pasar Ipuh Dikategorikan Tidak Layak Huni

RBO >>>  IPUH >>>  Mayoritas rumah warga di Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh, dinyatakan layak huni. Sebab, berdasarkan data yang terhimpun di wilayah Desa Pasar Ipuh, hanya 3 Unit rumah warga yang dikategorikan tidak layak huni. Dimana 3 Unit rumah yang dinyatakan tidak layak huni tersebut akan disampaikan ke bidang perumahan dan pemukiman dinas PUPR Kabupaten Mukomuko.

Menurut Kades Pasar Ipuh, Edi Harianto, sejauh ini data rumah tidak layak huni tersebut sudah disampaikan ke kabupaten. Informasinya pihak kabupaten akan melakukan survey lokasi. Sebelum mendapat bantuan dari Kabupaten, pihaknya dari pemerintah desa juga sudah melakukan rehab. "Kalau data terbaru saat ini hanya 3 rumah yang dikategorikan tidak layak huni. Tahun 2017 lalu kita pernah mengajukan program bedah rumah ke Pemkab Mukomuko," ucap Edi kepada RADAR BENGKULU kemarin.

Sambungnya, rumah masyarakat Desa Pasar Ipuh bisa dikatakan sudah layak huni, pun dikatakan masih standar. Namun dikategorikan layak huni. Informasinya pihak kabupaten bakal turun ke Desa Pasar Ipuh untuk mengecek kondisi rumah tidak layak huni tersebut. Mudah-mudahan rumah warga yang tidak layak huni itu mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten agar dapat direhab," terangnya.

Sementara itu Kasi Kesra Desa Pasar Ipuh, Meri Hartati menambahkan, biasanya bantuan rehab rumah tersebut ada dari Dinsos dan dari Perkim Kabupaten Mukomuko. Namun untuk saat ini kemungkinan besar tidak ada bantuan untuk warga Pasar Ipuh. Bisa jadi bantuan tersebut direalisasikan tahun depan. Karena masih ada rumah warga Pasar Ipuh tidak layak huni. "Tidak ada agenda Dinsos atau Perkim berkunjung ke Pasar Ipuh dalam waktu dekat ini. Tetapi kami sudah mengusulkan ke kabupaten. Mereka berjanji akan memberikan bantuan rehab rumah. Kita masih menunggu kapan rencana mereka mau turun," demikian tambahnya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: