Talang Kering Gelar Pelatihan Prodeskel

Talang Kering Gelar Pelatihan Prodeskel

RBO, ARGA MAKMUR - Untuk meningkatkan pelayanan aparat Pemerintah Desa dalam menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat, Pemerintah Desa Talang Kering, Kecamatan Air Napal melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengingkatan Kapasitas Perangkat Desa, di balai desa Talang Kering, Senin ( 26/10/2020).

Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan tata kelola administrasi desa dengan Pemberdayaan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dalam pelaksanaan Pendataan Prodeskel.

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh Jajaran Pemdes Talang Kering yang dipimpin Kadesnya, Fauzul Kabir tersebut dihadiri oleh Camat Air Napal Supandi SH, Narasumber Fahmi dari DPMD BU, Pendamping Desa, dan perangkat desa Talang Kering.

Tidak tanggung-tanggung, bertindak sebagai pemateri atau narasumber pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Perangkat Desa Talang Kering ini dari Dinas PMD BU, Fahmi dan dari Pendamping Desa Eka Fitrisia.

Kades Talang Kering, Fauzul Kabir mengatakan adanya pelatihan dan penguatan kapasitas bagi perangkat desa tersebut, diharapkan para perangkat desa akan mengetahui, memahami dan menyadari serta akan lebih bertanggung jawab terhadap tugas-tugas pokok mereka sesuai dengan fungsi masing-masing. “Bila diketahui dan dipahami siapa mengerjakan apa, maka semua tugas – tugas dilingkungan Pemdes akan dapat berjalan secara baik dan terintegrasi satu sama lainnya,” ujar Kades Fauzul Kabir.

Dikatakan dia, jajaran Pemdes Talang Kering merupakan satu kesatuan namun tentu mempunyai tugas pokok dan fungsi masing sesuai regulasi yang ada. “Setiap perangkat desa dalam struktur desa dapat berkerja dengan maksimal, sebab bila Pemdes kuat, kompak dan ikhlas dalam melayani warga tanpa tebang pilih, maka kemajuan desa akan tercapai, besok (hari ini - red) kita juga akan melaksanakan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan dalam hal tata kelola perencanaan bagi perangkat desa,” singkat dia. Camat Air Napal, Supandi SH,juga menyampaikan dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa Prodeskel di harapkan kepada seluruh perangkat desa dapat menerapkan apa yang di sampaikan oleh Narasumber nantinya. "Kami harapkan kepada perangkat, baik itu BPD dapat bekerja sama dengan Kades karena dengan kerja sama, Desa Talang Kering dapat lebih maju dan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya," tutup dia. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: