BU Wakili Provinsi Bengkulu Lomba Stunting Tingkat Nasional

BU Wakili Provinsi Bengkulu Lomba Stunting Tingkat Nasional

RBO, ARGA MAKMUR - Kabupaten Bengkulu Utara kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu sebagai Kabupaten paling Inovatif, Inspiratif, Replikatif dan kinerja terbaik dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan angka Stunting untuk kategori kinerja Kabupaten/Kota se- Provinsi Bengkulu.

Kegiatan yang dilakukan secara Virtual yang pemaparan disampaikan langsung oleh Pjs Bupati Bengkulu Utara, Dr. H. Iskandar ZO, SH. M. Si tersebut menyampaikan sejumlah program telah dilakukan Pemkab Bengkulu Utara dalam upaya menurunkan angka Stunting mulai dari upaya pemanfaatan rumah pekarangan, sanitasi hingga memberikan pelayanan kesehatan keliling.

Atas capaian membanggakan tersebut membuat Kabupaten Bengkulu Utara ditunjuk sebagai Kabupaten yang mewakili Provinsi Bengkulu untuk mengikuti lomba Stunting tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Batam pada buan November mendatang dan Pjs Bupati Bengkulu Utara Iskandsr ZO berharap Kabupaten Bengkulu Utara nantinya menjadi penyumbang terbesar dalam akumulasi penurunan angka Stunting di tingkat Nasional. Dimana angka Nasional 19,5 persen, sedangkan untuk di Kabupaten Bengkulu Utara saat ini sudah diangka 9,5 persen. "Alhamdulillah, dalam penilaian ini, Kabupaten Bengkulu Utara tetap dengan Kabupaten Terinovatif, Inspiratif, Replikatif dan dengan Kinerja Terbaik dalam penurunan Stunting konvergensi," ujar Pjs Bupati BU Iskandar ZO.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Syamsul Ma'arif juga sangat optimis angka stunting bisa turun secara signifikan ditambah lagi dengan kebijakan dan strategi yang disusun secara kompak bersama 17 Dinas, Instansi organisasi dan masyarakat, pihaknya juga menargetkan di tahun 2024 angka stunting berada diangka 5 persen.

"Sebagai Kabupaten yang berada di 160 Kabupaten/Kota lokus stunting di Indonesia tahun 2019, angka stunting Kabupaten Bengkulu Utara ditahun 2017 berada di 35,8%, ditahun 2018 turun menjadi 25,9%, pada tahun 2019 turun drastis di angka 10,53% dan di tahun 2020 saat angka stunting di Bengkulu Utara turun di angka 9,5%,"Kita sangat optimis angka stunting ini akan turun secara signifikan, di tahun 2024 angka stunting berada diangka 5 persen," Ujar Syamsul Ma'arif. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: