Desa di Kabupaten Mukomuko Tercepat Penyaluran BLT-DD

Desa di Kabupaten Mukomuko Tercepat Penyaluran BLT-DD

RBO >>>  IPUH >>>  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, menggelar Rekonsialisasi APBDes triwulan ketiga tahun 2020 di aula kantor Camat Ipuh Rabu,(4/11) kemarin. Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kadis PMD Mukomuko, Gianto, SH, Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos, Kasi Ekobag, Hernita, S.Sos, Pendamping Dana Desa, Ali Syahbana, bendahara dan perangkat desa se Kecamatan Ipuh.

Dikatakan Kadis PMD, Ginato realisasi penggunaan DD tahun 2020 di Kecamatan Ipuh bisa dikatakan sudah cukup bagus. Bahkan saat ini seluruh desa se Kabupaten Mukomuko sudah menyelesaikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTD-DD). "Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Selatan tercepat penyelesaian penyaluran BLT-DD. Namun evaluasi dan kesinkronisasi penggunaan DD tahun 2020 ini tetap kita lakukan. Sehingga penggunaan DD yang bersumber dari pusat ini tepat sasaran," sampainya.

Terkait dengan skala prioritas penggunaan DD tahun 2021 mendatang, sambung Gianto, masing-masing desa harus mempedomani Permendes Nomor 13 dan Nomor 14 tahun 2020. Yaitu, pemulihan ekonomi, adap tasi kebiasaan baru, menganggarkan BLT-DD, pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya.

"Penetapan skala prioritas Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) harus berbarometer pada Permendes Nomor 13," imbuhnya.

Sementara Itu Camat Ipuh, Sepradanur menambahkan, sejauh ini 16 Desa sekecamatan Ipuh sudah selesai melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrebangdes) penggunaan DD tahun 2021. "Sesuai dengan Permendes Nomor 13 DD tahun 2021 tidak boleh digunakan untuk pembangunan gedung serba guna, gedung balai desa. Semua skala prioritas harus mengacu pada Permendes Nomor 13," demikian Camat.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: