PADes Air Hitam Tembus Rp 35 Juta

PADes Air Hitam Tembus Rp 35 Juta

RBO >>> PONDOK SUGUH >>>  Kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Air Hitam, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko patut dicontoh. Pemdes dan BPD setempat bersinergi dan saling bahu membahu untuk memajukan desanya. Mereka berhasil menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk pengelola Kebun Masyarakat Desa (KMD) dan mengelola pasar. Sehingga Desa Air Hitam saat ini punya Pendapatan Asli Desa (PADes) dalam satu tahun mencapai Rp 35 juta.

Pj Kades Air Hitam, Sutino, S.Pd mengatakan, sumber pendapatan Desa Air Hitam saat ini ada dua. Yaitu, dari KMD dan pasar. Untuk KMD sendiri saat ini baru mulai produksi atau menghasilkan, estimasinya dalam satu tahun kebun sawit tersebut bisa menambahkan kas desa Rp 15 juta. "Kita punya KMD dengan luas lahan lebih kurang sekitar 3 hektar. Dan sekarang KMD tersebut sudah mulai menghasilkan. Kita menargetkan dalam satu tahun bersih masuk ke kas desa Rp 15 juta," ujar Sutino kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Sambungnya, kemudian untuk pengelolaan pasar selama ini juga sudah diserahkan kepada BUMDes. PADes dari hasil penarikan retribusi pasar selama ini dalam satu tahun mencapai Rp 20 juta. Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Pedagangan dan UKM sudah membangun sebanyak 32 Unit los di Pasar Air Hitam. Jadi, tahun depan tentu ada kontribusi untuk pemerintah daerah dari pasar tersebut. "Total keseluruhan PADes Air Hitam dalam satu tahun tembus Rp 35 juta. Mudah-mudahan usaha yang dikelola BUMDes ini bisa berkembang, dan bisa meningkatkan PADes," imbuhnya.

Sementara itu Camat Pondok Suguh, Abdul Hadi, S.Sos menambahkan, Pemdes Air Hitam, bisa dikatakan sudah berhasil menata roda pemerintahan desa dengan baik. Pemdes dan BPD berperan sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

"Saat ini Desa Air Hitam sudah punya pendapatan sendiri. Perkiraanya Rp 35 juta dalam satu tahun. Di balik itu tentu ada pihak pengelola yang baik. Yaitu BUMDes. Artinya, Pemdes, BPD dan pengurus BUMDes sudah berperan sesuai dengan tupoksinya msing-masing," demikian Camat.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: