Musim Hujan, BPBD Ingatkan Potensi Banjir

Musim Hujan, BPBD Ingatkan Potensi Banjir

RBO, BENGKULU - Pada bulan September lalu, BPBD Provinsi Bengkulu mencatat ada beberapa titik wilayah di Kota Bengkulu yang terdampak karena musibah banjir. Diantaranya delapan perumahan yakni Vila Taman Surya-Lingkar Barat, Gading Cempaka-Lingkar Barat, Kemiling Permai, Residen 2 Timur Indah, Cempaka Permai-Sungai Rupat, Kebun Tebeng RT 06, Pekan Sabtu Estate, dan Alpatindo-Air Sebakul. Selain itu di daerah jalan Pelatuk, Jalan Durian 1-Bumi Ayu, Jalan Makwah-Kelurahan Lempuing, Jalan Pancur Mas- Kelurahan Sukarami, Jalan Akasi-Kelurahan Pagar Dewa.

Menanggapi hal ini kemarin Jumat (6/11) Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan banjir untuk siaga setiap saat mengingat curah hujan tinggi sehingga banjir setiap saat mengancam warga. "Saya sudah mengimbau warga yang tinggal di sepanjang DAS Bengkulu, untuk mewaspadai banjir mengingat cuaca ekstrem melanda Kota Bengkulu sehingga potensi terjadi banjir di daerah ini sangat memungkinkan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi ancaman banjir besar menyusul cuaca ekstrem melanda Kota Bengkulu, BPBD setempat telah menyiapkan berbagai kebutuhan korban banjir, di antara perahu karet, bahan pangan, termasuk roti kering, air bersih, selimut, peralatan dapur umum dan obat-obatan serta keperluan lainnya. Selain itu, BPBD Bengkulu juga telah menyiapkan sejumlah petugas lapangan yang setiap saat siap diturunkan ke lapangan membantu para korban bencana alam, termasuk banjir bila melanda daerah ini.

"Kita sudah menyerahkan bantuan kalau nanti memang diperlukan. Biasanya itu langsung dari BPBD Kota yang merupakan teknisnya," tambahnya.

Sementara itu, terkait dengan bantuan hibah rehabilitasi dan rekonstruksi, yang saat ini sudah berjalan 60 persen, Sekda Hamka meminta agar bantuan hibah itu dilaksanakan sebaik-baiknya, agar kedepannya Provinsi Bengkulu dapat kembali menerima kucuran dana bantuan dari pemerintah pusat.

“Kata kunci dari program dana hibah itu adalah sukses. Kalau kita sukses melaksanakan program kegiatan dari dana hibah tersebut, maka tentu kedepannya kita akan terus mendapatkan bantuan,” pungkasnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: