Agusrin akan Anggarkan Honor Kepala Kaum dan Bangun Sekretariat Adat

Agusrin akan Anggarkan Honor Kepala Kaum dan Bangun Sekretariat Adat

RBO, BENGKULU- Calon Gubernur nomor urut 3, Agusrin M Najamudin bersama tokoh senior putra asli Mukomuko, Izda Putra bersepakat akan lebih memperhatikan lembaga kaum adat istiadat, terkhusus di Kabupaten Mukomuko, dengan menganggarkan anggaran honor bagi kepala kaum dan pembangunan sekretariat kaum adat. Kesepakatan inipun disampaikan langsung dihadapan masyarakat Kabupaten Mukomuko, Minggu (8/11).

Ditegaskan Agusrin, dirinya akan lebih memperhatikan lembaga adat istiadat Mukomuko kedepannya. Terutama akan menganggarkan segala kebutuhan fasilitas dari lembaga adat istiadat yang ada di Mukomuko.

"Bang Izda inikan tokoh Mukomuko, dari awal bang Izda ini sangat konsen dan peduli dengan adat istiadat Mukomuko. Makanya saya bilang kepada beliau (Izda Putra, red) ketika nanti saya menjadi Gubernur, kita bersepakat kedepan akan memperhatikan kaum adat istiadat Mukomuko ini," tegas Agusrin.

Agusrin menambahkan, pemerintah daerah harus memperhatikan adat istiadat dan budaya daerah. Untuk itu dukungan ini juga harus bersama-sama didorong. Ia juga berjanji bila terpilih menjadi Gubernur Bengkulu akan memformalkan lembaga tersebut dengan merealisasikan anggaran kebutuhan dan fasilitas bagi kaum adat istiadat Mukomuko.

"Nanti akan kita anggarkan honor kepala kaum, serta akan kita anggarkan juga bangunan fasilitas sekretariat bagi kaum adat. Karena penting kita lakukan pembangunan daerah juga harus mementingkan adat istiadat budaya," terangnya.

Lanjut Agusrin, dengan dianggarkan fasilitas lembaga adat istiadat Mukomuko ini, sehingga terjadi sinegitas lembaga adat istiadat ini dengan pemerintah daerah dalam kebersamaan membangun daerah untuk lebih maju.

"Maka dari itu kita akan realisasikan anggaran khusus untuk lembaga adat istiadat ini nantinya secara nyata," tukasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, tokoh senior putra asli Mukomuko, Izda Putra menyambut baik gagasan Calon Gubernur Agusrin yang peduli dengan kaum adat istiadat Mukomuko.

"Kepedulian pak Agusrin dengan kaum adat Mukomuko ini sangat kita apreasiasi sekali. Harapan besar kita ditangan beliau (Agusrin, red) ini nanti kaum adat di Mukomuko ini lebih diperhatikan, sehingga ada sinergitas kaum adat istiadat dengan pemerintah daerah dalam membangun daerah," jelas Izda Putra.

Sambung Izda, masyarakat Mukomuko juga berharap ditangan Gubernur Agusrin ini nanti dibebaskan lahan kawasan kompleks istana kesultanan Mukomuko.

"Dengan dikembalikan fungsinya untuk dimanfaatkan bagi adat lembaga dengan dibangun gedung fasilitas balai adat kaum dan lembaga sandeigo," bebernya.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: