Mekanisme Debat Kandidat Cabup dan Cawabup Mukomuko Tidak Jadi Berubah

Mekanisme Debat Kandidat Cabup dan Cawabup Mukomuko Tidak Jadi Berubah

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Ketua KPU Mukomuko, Irsyad sebelumnya menyatakan ada rencana pihaknya merubah mekanisme debat kandidat Cabup dan Cawabup Mukomuko putaran kedua, namun kemudian rupanya tidak jadi berubah.

Kata Irsyad waktu itu, tepatnya pada Selasa (10/11) lalu, ada wacana mekanisme debat bakal dibuat seperti debat pertama Cagub -Cawagub Bengkulu . Dimana kesempatan bicara Cabup dan Cawabup dibuat terpisah. Mau tidak mau, dengan mekanisme tersebut, Cabup maupun Cawabup wajib menyampaikan argumentasinya dalam debat. Rencana tersebut sekaligus menjawab rasa penasaran publik Mukomuko terhadap Cawabup yang akan dipilih. Sebab, pada debat putaran pertama, dua orang Cawabup Mukomuko sangat "irit" bicara. Kata Irsyad waktu itu, terkait rencana tersebut akan dibahas hari Kamis (12/11).

Ketika dikonfirmasi lagi, pada Minggu (15/11) Irsyad menyatakan, mekanisme debat kandidat putaran kedua mendatang tidak banyak perubahan. Mekanisme yang dipakai sama seperti debat putaran pertama. "Mekanisme debat tetap enam segmen model debat kemarin (putaran pertama)," jelas Irsyad.

Menurutnya, porsi bicara Cawabup tidak tergantung dengan mekanisme debat. Akan tetapi kembali kepada Cawabupnya sendiri mau memanfaatkan momen debat ini untuk "unjuk gigi" atau tidak.

"Dari awal memang Cawabup sudah diberi kesempatan bicara. Hanya tidak maksimal dimanfaatkan mereka," ucap Irsyad.

Untuk diketahui, debat kandidat Cabup dan Cawabup Mukomuko putaran kedua ini akan diselenggarakan pada tanggal 25 November 2020 mendatang. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: