Plt Bupati Mukomuko Dukung Investor PT MAT Bangun Pelabuhan Khusus CPO 

Plt Bupati Mukomuko Dukung Investor  PT MAT Bangun Pelabuhan Khusus CPO 

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Pihak PT. Mukomuko Agroindustries Terminal (PT. MAT) pada Senin (16/11) bertempat di ruang kerja Plt Bupati Mukomuko melakukan sosialisasi rencana pembangunan Pelabuhan untuk angkutan hasil industri dari Kabupaten Mukomuko, khususnya Crude Palm Oil (CPO) di Kecamatan Teramang Jaya. Pemaparan dilakukan langsung oleh Direktur PT. MAT, Ir. Hulman Gagarin Panjaitan, dan dihadiri oleh Plt. Bupati Mukomuko, Haidir, S.IP., sejumlah pejabat OPD terkait, dan beberapa petinggi perusahaan di Mukomuko yang bergerak dibidang pengelolaan minyak kelapa sawit mentah atau CPO.

Dalam kesempatan tersebut, Hulman "beratraksi" memaparkan perkembangan dan manfaat keberadaan Pelabuhan khusus CPO di Kecamatan Teramang Jaya itu bagi pabrik CPO yang telah ada, bagi masyarakat. Termasuk keuntungan bagi Pemerintah Daerah setempat.

Menurutnya, dengan adanya pelabuhan khusus CPO di Mukomuko ini, mampu mendongkrak harga tandan buah segar (TBS) atau buah sawit, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Termasuk juga mampu mendongkrak harga CPO di pabrik.

Lanjutnya, jika sudah berdiri Pelabuhan CPO di Mukomuko, perusahaan CPO di Mukomuko bisa menekan biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Imbas dari ini, pihak pabrik bisa menaikan harga beli sawit dari masyarakat.

"Sebelumnya, kami sudah presentasikan juga rencana ini kepada pihak pabrik CPO di daerah ini. Mereka setuju dan sangat mendukung. Efeknya luas, bagi masyarakat, bagi Pemerintah dan bagi perusahaan pabrik CPO yang ada di Mukomuko saat ini," sampai mantan Karyawan PT. Agricinal Bengkulu meyakinkan pendengar.

Hulman juga membeberkan, pembangunan yang mereka rencanakan berkonsep pengembangan energi terbarukan yang terintegrasi dan berkesinambungan. Dimana dalam lahan yang telah tersedia, selain dibangun pelabuhan, juga dibangun pabrik biodisel, pembangkit listrik, dan pabrik CPO.

Ditanya soal progres, Hulman menjelaskan, pembangunan Pelabuhan khusus CPO ini sudah lama direncanakan. Pada 2011 lalu, pihaknya sudah membeli lahan seluas 14 hektar di Kecamatan Teramang Jaya untuk lokasi Pelabuhan tersebut. Pihaknya juga telah melakukan pematangan lahan.

"Kalau mulai pembangunannya kita rencanakan, Maret 2021. Target kita, selama 24 bulan setelah itu Pelabuhan sudah mulai beroperasi," demikian Hulman.

Sementara itu, Plt Bupati ketika dimintai keterangan usai pertemuan mengatakan, ia setuju dengan rencana tersebut. Apalagi, katanya, investasi yang bakal masuk ini diyakini berimbas baik bagi daerah dan masyarakat.

Ditambahkan Haidir, masyarakat sudah lama menanti keberlangsungan pembangunan pelabuhan khusus CPO ini. Sebab, rencana tersebut sudah lama didengar oleh masyarakat.

"Kita mendukung rencana ini. Kaitannya dengan dokumen data, akan kita bantu. Kemudian nanti perizinan akan kita proses sesuai peraturan yang berlaku. Pada prinsipnya, Mukomuko terbuka bagi investor yang berniat baik ikut membangun daerah kita ini," pungkas Haidir. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: