Bengkulu Selatan Raih Dua Penghargaan

Bengkulu Selatan Raih Dua Penghargaan

RBO, MANNA - Pj Bupati Bengkulu Selatan Isnan Fajri, S.Sos. M. Kes mengatakan Bengkulu Selatan saat HUT Provinsi yang ke 52 Bengkulu Selatan meraih langsung dua piagam penghargaan. Pertama, peringkat terbaik pertama dan peringkat terbaik kedua. "Alhamdulillah Bengkulu Selatan mendapatkan piagam penghargaan peringkat terbaik pertama katagori Pemda Pengelola Fiskal Regional terbaik tahun anggaran 2019, dan piagam penghargaan peringkat terbaik kedua katagori Pemda penyalur Dana Desa terbaik tahun anggaran 2019," kata Isnan di ruangannya, Rabu(18/11).

Dijelaskan dia, piagam penghargaan yang diraih oleh BS ini karena kerja keras yang kompak, sehingga menjadi yang terbaik. Bahkan mengalahkan provinsi. Kedepannya akan menjadi motivasi bagi aparatur pemerintahan di Bengkulu Selatan.

Untuk mempertahankan predikat tersebut, walaupun untuk mempertahankan tersebut lebih sulit dari pada meraih, tetapi ini apa yang sudah dicapai Pemda Bengkulu Selatan optimis akan lebih baik. Walaupun di tahun 2020 ini banyak kendala yang dihadapi mengenai pandemi Covid - 19 ini. "Dengan semangat yang tinggi dann kerjasama yang kuat kita bisa meraih penghargaan tersebut, dengan cara menyajikan kemampuan terbaik kita pada tahun 2019 dalam pengelolaan Fiskal di Bengkulu Selatan," kata Isnan.

Kepala Pelayanan Perbendaharaan Negara(PPPN)Manna dengan lingkup kerja Kabupaten Seluma Manna - Kaur, Lia Amalia,SH mengatakan bahwa Dirjen Pembendaharaan Provinsi Bengkulu melakukan penilaian setiap tahun yang menjadi penilaian terbaik pengelola Fiskal Regional adalah Bengkulu Selatan.

"Adapun penilaian ini melibatkan sembilan indikator. Yaitu, rasio pendapatan asli daerah, Tingkat efektifitas capaian pendapatan asli daerah, Rasio pertumbuhan pendapatan asli daerah, Penyerapan anggaran, rasio belanja modal, Rasio Belanja Pegawai, Rasio ruang fiksal, Rasio pendapatan daerah dan penerimaan pembiayaan, serta Rasio Silpa," jelas Lia .

Yang mendapatkan penilaian terbaik dari Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu yaitu Bengkulu Selatan telah meraih prestasi sebagai Pemerintah Daerah pengelola Fiskal Regional terbaik pertama dengan nilai 80,52. Adapun terbaik kedua diraih oleh Provinsi Bengkulu dengan nilai 79,71 dan terbaik ketiga diraih oleh Kabupaten Lebong dengan nilai 78,01.

Untuk nilai terbaik Pemerintah Daerah dalam penyaluran Dana Desa yaitu yang pertama diraih oleh Kabupaten Mukomuko dengan nilai 98, 02 .Yang kedua, Kabupaten Bengkulu Selatan dengan nilai 95,83. Sedangkan yang ketiga diraih oleh Kabupaten Bengkulu Utara dengan nilai 95,53. "Untuk kriteria penilaian kita melihat pada lima persentase yang dilakukan Pemerintah Desa yang meliputi yang pertama persentase penyaluran Dana Desa dan RKUN dan RKUD, Persentase Penyaluran Dana Desa dari RKUD ke rekening Kas Desa, Persentase Ketepatan waktu penyaluran Dana Desa dari RKUD ke rekening Kas Desa, Persentase capaian Output kegiatan dan yang terakhir persentase penyerapan Belanja Desa," tutup Lia.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: