Warga Desa Batu Kuning Minta Bronjong

Warga Desa Batu Kuning Minta Bronjong

RBO, MANNA - Pj Kepala Desa Batu Kuning, Donald Ramses Siahaan, S.IP untuk prioritas pembangunan yang diusulkan kepada pihak OPD terkait masyarakat Desa Batu Kuning meminta pembuatan bronjong penahan air daerah persawahan. "Sebab hampir sekitar 20 hektar persawahan masyarakat terletak dipinggir Air Manna, kalau musim penghujan bisa dipastikan sawah masyarakat akan kebanjiran terendam pasir lumpur," kata Ramses di Ruangannya, Selasa(24/11).

Jelas akibatnya setengah persawahan masyarakat rusak, sehingga para petani merugi. Apalagi saat ini Pandemi Covi - 19 belum berakhir sehingga untuk pemulihan ekonomi masih sulit distabilkan.

Pemerintah Desa sudah mengajukan ke Dinas Sosial, Dinas PU, Dinas Pertanian dan Pangan bahkan ke Pejabat Bupati Bengkulu Selatan, sampai saat ini belum ada solusinya. "Agar menjadi perhatian pemerintah, rencana kami akan diajukan ke dalam Musrembangcam untuk meminta bantuan ke Dinas terkait. Karena untuk mengandalkan dana desa tidak cukup karena bronjong yang dibutuhkan cukup panjang sekitar 800 meter dengan tinggi satu meter diatas air, Kalau bisa itu dilebihkan karena sudah beberapa kali para petani mengalami kebanjiran," pungkas Ramses.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: