BUMDes di Sungai Rumbai Belum Berjalan Maksimal

BUMDes di Sungai Rumbai Belum Berjalan Maksimal

RBO >>> SUNGAI RUMBAI >>>  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kecamatan Sungai Rumbai diharapkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat tingkat desa. Namun, saat ini keberadaan BUMDes dimasing-masing Desa di Kecamatan Sungai Rumbai belum berjalan maksimal. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Kecamatan, berharap masing-masing BUMDes bisa mendorong dan mendongkrak perekonomian masyarakat desa.

Tahun depan semua BUMDes harus mulai bergerak. Sementara untuk BUMDes yang sudah bergerak diharapkan agar bisa meningkatkan kualitas dan pendapatannya. "Sejauh ini belum semua BUMDes di Sungai Rumbai aktif. Kita tahun depan setiap Desa di Kecamatan Sungai Rumbai mengembangkan BUMDes. Sehingga BUMDes bisa menghasilkan PADes dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ucap Plt Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Pengembangan BUMDes ini didukung oleh Permendes Nomor 13 tahun 2020 tentang penggunaan Dana Desa (DD). Salah satunya meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui optimalisasi keberadaan BUMDes milik Desa. Melalui Permendes tersebut pemerintah desa bisa memberikan penyertaan modal untuk pengembangan BUMDes.

"Tahun depan pengembangan BUMDes termasuk dalam skala prioritas penggunaan DD. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan," demikian Rudi.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: