Pemkab BU Kembangkan Petani Sawit Juga Peternak Sapi

Pemkab BU Kembangkan Petani Sawit Juga Peternak Sapi

RBO, ARGA MAKMUR - Pemkab Bengkulu Utara tahun 2021 ini menargetkan seluruh petani sawit di Bengkulu Utara untuk juga menjadi peternak sapi dengan menargetkan kelahiran 50.000 sapi baru. Program ini sendiri telah dirancang Pemkab Bengkulu Utara dengan mengembangan sistem integrasi sapi dengan kelapa sawit atau disebut dengan program (SISKA) yang dimana nantinya para petani sawit dapat membuat kandang sapi diruang kosong di kebun sawit tersebut, sehingga kebutuhan pupuk kandang dapat terpenuhi dari menjadi peternak sapi.

Kepala DTPHP Bengkulu Utara, Kuasa Barus menyebutkan bagi para petani sawit yang tidak memiliki anggaran untuk membeli indukan sapi nantinya dapat menggunakan dana KUR dengan bunga hanya sekitar 6 persen setahun dari pinjaman.

Pemkab Bengkulu Utara juga nantinya siap mengirimkan petugas kesehatan hewan ternak untuk para pertenak pemula yang ingin berkonsultasi dan melakukan pengecekan kesehatan ternak, sehingga jika nantinya program tersebut berjalan dan sukses, Pemkab Bengkulu Utara menargetkan kebutuhan sapi untuk Provinsi Bengkulu disuplai terbanyak dari Kabupaten Bengkulu Utara. "Bagi petani yang tidak memiliki modal nanti bisa menggunakan dana KUR, sehingga jika nanti program ini sukses, Bnegkulu Utara akan menjadi penyuplai sapi terbanyak untuk Provinsi Bengkulu,” singkat Kuasa Barus. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: