Sudah 13 Kali Diusulkan, Belum Juga Diakomodir, Warga Desa Anggut Prihatin

Sudah 13 Kali Diusulkan, Belum Juga Diakomodir, Warga Desa Anggut Prihatin

RBO, MANNA - Ketua BPD Desa Anggut, Riphan mengatakan kegiatan Musrenbangdes untuk tahun 2022 ada satu usulan yang sudah disampaikan selama 13 tahun yang menjadi prioritas Desa Anggut dan beberapa desa yang belum diakomodir oleh Pemerintah.

"Dalam hal ini kami sangat berharap Pemerintah Pusat bisa merealisasikan apa yang kami inginkan untuk kemajuan bersama serta beberapa desa yang lain seperti Desa Puding, Tanjung Eran, Padang Tambak, Gedung Agung, Sampai ke Desa Anggut untuk pembangunan siring irigasi sawah. Karena mayoritas dari masyarakat ini menggantungkan hidupnya pada hasil panen padi," Jelas Riphan di Kantor Desa, Selasa (12/01).

Hal ini sudah dilakukan kerjasama antar desa dengan pengusulan dari mulai tahun 2007, Kalau kali ini diusulkan kembali berarti sudah 14 kali diusulkan, Siring irigasi Air Dingin ini berfungsi untuk mengairi persawahan masyarakat yang kurang lebih jumlahnya 10 hektaran kalau suatu saat terjadi musim kemarau, Sehingga musim tanam nantinya tidak lagi tergantung oleh faktor cuaca.

Riphan menambahkan bahwa pihaknya tidak akan bosan - bosan untuk mengusulkan Irigasi Air Dingin bersama Pemerintah Desa dan BPD lima Desa tersebut. Karena banyak keuntungan dari irigasi ini bisa mengairi seluruh wilayah sekitar Betitik, Air Dingin Ulu, Air Dingin Ilir, Talang Katir, Air Batuan,Taju Lalang dari beberapa desa yang disebutkan tadi. "Adapun sumber air untuk mengairi irigasi tersebut kami mengambilnya dari Bendungan Air Ngelengau dimana pembuatan irigasi ini sepanjang 3 Kilo Meter. Selain itu adapun yang diusulkan kepada Kabupaten jalan lingkungan, Central Produksi untuk perluasan desa, Sekaligus pembuatan Embung(Tebat) sebagai penampung air apabila musim kemarau kita tidak kekurangan air," Papar Riphan.

Kepala Desa Anggut, Warman akan berusaha untuk mengiring semua usulan tersebut baik yang di tingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan Pemerintah Pusat, Kalau yang diusulkan ke Pemerintah Desa mudah - mudahan usulan tersebut bisa langsung diakomodir.

"Semoga apa yang sudah kita usulkan bisa diakomodir oleh Pemerintah yang diatas, Untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat dengan cara mendongkrak perekonomian dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat," Pungkas Warman.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: