Ini Ciri-Ciri Sapi Terpapar Virus Jembrana

Ini Ciri-Ciri Sapi Terpapar Virus Jembrana

RBO, MANNA - Kepala Dinas Pertanian BS, Ir. Silustero melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Okta Feriyenni,S.Pi.MM mengungkapkan bukan hanya manusia saja yang terpapar virus. Tetapi saat ini giliran sapi yang terpapar virus Jembrana. "Adapun ciri - ciri sapi yang terpapar virus ini, Pori - pori hewan tersebut mengeluarkan darah, Demam yang tinggi dan sapi tersebut merendamkan dirinya di dalam air dengan waktu yang cukup lama," kata Okta di Ruanganya, Jumat(22/01).

Dari informasi yang diterima Dinas Pertanian bahwa banyak sapi - sapi warga yang mati akibat virus ini. Bahkan penyebarannya pun cukup cepat. Mulanya dari Kabupaten Bengkulu Utara, sampai ke Seluma dan pada bulan Oktober 2020 yang lalu masuk ke Bengkulu Selatan.

Berdasarkan pengecakan pihaknya dilapangan dan informasi dari masyarakat. Virus ini baru merambah di beberapa kecamatan, Yakni, Kecamatan Pino Raya, Kecamatan Kedurang Ilir, Kecamatan Kota Manna dan lain-lainnya. Informasi yang mereka dapatkan, virus Jemberana ini sudah mulai masuk ke Kabupaten Kaur di daerah Padang Guci. "Saat ini kami hanya memberikan vitamin pada sapi - sapi warga, Untuk menjaga kekebelan tubuhnya. Kalau mau divaksin sudah tidak bisa karena ada bebera sapi warga yang sudah terkena, Kalau ada salah satu sapi warga yang mati sebaiknya dikubur. Agar virus ini tidak meyebar yang penyebarannya memalui lalat penghisap darah yang hinggap ditubuh sapi," tutup Okta.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: