Revitalisasi SMK Itu Akan Tingkatkan Kinerja Sekolah

Revitalisasi SMK Itu Akan Tingkatkan Kinerja Sekolah

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu dalam revitalisasi SMK dengan menerapkan program dan strategi yang dimulai tahun 2021 ini, bertujuan untuk menyelesaikan semua hambatan, kekurangan dan permasalahan yang ada di sekolah sampai tuntas atau disebut “multiple treatments.”Sehingga pada akhirnya, mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, yang menghasilkan lulusan sesuai dengan tuntutan dinamika ketenagakerjaan.

"Revitalisasi SMK pada hakikatnya, memang merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja sekolah agar mencapai level tingkatan tertinggi atau unggul. Karenanya, layak disebut sebagai pusat keunggulan atau Center of Excellence (COE). Tingkatan keunggulan satu sekolah, dapat diukur dengan melihat capaian dari setiap komponen terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain. Yang secara kumulatif, mencerminkan status atau tingkat keunggulan suatu sekolah. Komponen tersebut adalah; 1 Input, 2 Proses, 3 Output, 4 Outcome dan 5 Impact." ujar Kepala SMKN 4 Kota, Dr. Paidi, M. TPd kepada radarbengkuluonline.com, Minggu (24/1).

Maka dari itu, lanjutnya, tujuan pelaksanaan kegiatan COE SMK, merupakan bantuan pemerintah untuk memfasilitasi SMK Yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan (Center of Excellence). Prioritas sektor ekonomi kreatif merupakan upaya menstimulasi Pemerintah Daerah Provinsi.

Pertama,  meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan kejuruan SMK sesuai dengan standar kebutuhan kompetensi keahlian dan standar IDUKA sektor Ekonomi Kreatif, sehingga menjadi Pusat Keunggulan yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

Kedua, terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas pendidikan kejuruan, oleh pengguna dan pengelola SMK sesuai dengan kebutuhan IDUKA sektor Ekonomi Kreatif.

"Ketiga, membangun citra baru SMK dengan menciptakan proses pembelajaran praktik kejuruan yang berkualitas, sehingga dapat menjadi sekolah penggerak bagi pengembangan SMK lainnya sesuai dengan kebutuhan IDUKA sektor Ekonomi Kreatif. Dengan begitu, SMK di Provinsi Bengkulu akan semakin berkualitas mencetak generasi penerus yang siap bekerja," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: