Musrenbangdes Sukaraja Prioritas Perekonomian dan Kesehatan

Musrenbangdes Sukaraja Prioritas Perekonomian dan Kesehatan

RBO, MANNA - Ketua BPD Desa Sukaraja, Jusar mengatakan untuk Musrenbangdes 2022 Desa Sukaraja ini memprioritaskan dua usulan yaitu peningkatan perekonomian dan Kesehatan masyarakat. "Perioritas kami, tidak mau lagi ada masyarakatnya yang hidup dibawah garis kemikinan. Lalu yang kedua mendorong kesehatan, bila sehat maka masyarakat akan maju secara ekonomi dan cerdas dalam mengelola apa yang ada di desa," kata Jusar di Kantor Desa, Sabtu(23/01).

Peningkatan perekonomian ini akan difokuskan pada bidang pertanian yaitu sentral produksi, pengadaan ternak sapi, pengadaan bibit unggul, serta penyetaraan modal BUMDes supaya bisa menunjang penghasilan BUMDes dan perekonomian masyarakat yang ada di Sukaraja.

Nantinya BPD akan berkoordinasi dengan seluruh masyarakat untuk untuk mengurangi sedikit yang namanya pembangunan fisik, Karena akan difokuskan dengan peningkatan Sumber Daya manusianya(SDM) dengan menggunakan dana desa yang ada.

"Untuk pembuatan jalan sentral produksi ini, kami mengusulakan sekitar 500 meter untuk menuju lahan pertanian seperti perkebunan dan persawahan dengan luas sekitar 100 Hektar," Jelasnya. Sedangkan untuk ternak sapi pihaknya akan mengusulkan bibit sapi. Apalagi saat ini ada program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten yaitu(SAKTI) Satu keluarga satu sapi, bukan hanya sapi yang diusulkan tetapi bibit kambing dan itik.

Untuk sementara dengan program sapi ini dengan cara pengembangbiakan sapi mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, kalau bibit itik tersebut bisa meningkatkan penghasilan masyarakat dalam segi hitungan hari ataupun bulan yang terus menerus.

"Bahkan kedepannya kami akan mendongkrak pengembangan sapi tersebut sehingga Desa Sukaraja bisa menjadi lumbung daging di Bengkulu Selatan," harapnya.

Untuk penyetaraan modal yang diharapkan, kedepannya mampu membuat BUMDes ini semakin maju dengan cara mengelola pupuk subsidi. Sehingga bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pupuk masyarakat tidak lagi kesulitan yang selama ini dirasakan untuk tanaman padi dan jagung dan pupuk ini tidak terputus sehingga hasil panen yang dihasilkan bisa melimpah.

Begitu juga dengan prioritas Kesehatan yang akan diprioritaskan mencegah terjadinya Stunting, Dengan cara penyuluhan dan pemberdayaan kader kesehatan untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat agar tidak terkena Stunting.

"Dengan begitu pihaknya akan mengusulkan kepada pihak Pemerintah Desa maupun Kabupaten agar nantinya bisa memberikan makanan tambahan yang bergizi bagi ibu hamil dan memberikan penyuluhan kepada remaja khususnya para perempuan, Karena sampai saat ini yang kami tahu kalau sudah terjadi Stunting tidak ada obatnya," Papar Jusar.

Pj Kepala Desa Sukaraja, Mirhannudin mengatakan bahwa saat ini desanya tetap memfokuskan kepada peningkatan perekonomian dan kesehatan apalagi saat ini pandemi Covid - 19 masih melanda, untuk itu dengan situasi seperti ini semuanya harus lebih ditingkatkan.

"Kami berharap dengan usulan yang sudah disampaikan, baik itu Pemerintah Kabupaten dan Provinsi bisa merealisasikannya, karena hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak, Sehingga Desa Sukaraja ini semakin maju kedepannya nanti," tutup Mirhannudin.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: