Warga Darat Sawah Minta Tiga Usulan Prioritas Direalisasikan

Warga Darat Sawah Minta Tiga Usulan Prioritas Direalisasikan

RBO, MANNA - Desa Darat Sawah mengadakan kegiatan Muarenbangdes untuk tahun anggaran 2022. Dalam Musrenbangdes ini mengemuka setidaknya tiga usulan masyarakat Desa Darat Sawah yang menjadi skala prioritas dan harus direalisasikan.

Ketua BPD Ardi sangat berharap kepada pemerintah yang terkait untuk merealisasikan apa yang menjadi usulan masyarakat Desa Darat Sawah ini.

"Kami sangat berharap kepada Pemerintah Desa, Kabupaten dan Provinsi untuk merealisasikan pembuatan siring untuk penanggulangan banjir, Siring irigasi untuk daerah persawahan, serta pengadaan mobil untuk inventaris desa yang bisa digunakan masyarakat umum," kata Ardi di Kantor Desa, Selasa (26/01).

Dijelaskan Ardi, untuk pembuatan siring lingkungan, masyarakat sudah merasa jenuh karena setiap cuaca hujan desanya sudah mengalami kebanjiran yang airnya mencapai 1 meter. Hal ini membuat 100 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Darat Sawah merasa kesal dan harus cepat ditanggulangi. Apalagi pada saat berganti musim menimbulkan jentik - jentik nyamuk yang menggangu kesehatan masyarakat.

"Warga minta dibangun siring sepanjang 100 meter dengan lebar 1 meter. Tetapi karena siring ini dibuat dijalan rumah maayarakat, kami meminta air siring tersebut langsung ditutup dan dialirkan langsung kedalam suangai, kalau tidak ditutup akan memakan badan jalan," jelasnya.

Begitu juga pembuatan siring irigasi Datar Rungau. Dimana banyak masyarakat yang mempunyai persawahan kurang lebih 50 Hektar, Kalau tidak adanya air irigasi ini masyarakat hanya mengandalkan tadah hujan untuk musim tanam.

Saat ini sudah hampir 10 tahun air dari bendungan Palak Bengkerung tidak masuk ke persawahan masyarakat Desa Darat Sawah. Kalau hal ini dibiarkan ada kemungkinan masyarakat akan mengalihfungsikan lahannya. "Besar harapan kami agar Pemerintah bisa mengakomodir usulan tersebut. Karena dengan adanya siring irigasi tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat serta mencegah terjadinya banjir," harap Ardi.

Pj Kepala Desa Darat Sawah, Irtawan, SE mengatakan beberapa usulan pada Musrenbangdes yang sudah diusulkan oleh masyarakat akan dipilih yang mana menjadi prioritas.

"usulan masyarakat melalui dana desa (DD) adalah pengadaan mobil, Sehingga kalau di desa kita ada kegiatan maka mobil tersebut bisa digunakan untuk mengangkat tenda, kursi, meja dan sebagainya. Karena barang - barang desa sudah banyak dan tidak ada transportasi untuk mengangkutnya bahkan mengurangi beban biaya masyarakat kalau mau mengangkut sesuatu," tutup Irtawan.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: