Ikan Asin Bengkulu Banyak Dibeli Orang Luar

Ikan Asin Bengkulu Banyak Dibeli Orang Luar

RBO >>>  BENGKULU >>> Ikan asin yang dijual di sepanjang Pasar Pantai, Kelurahan  Malabro, Kota Bengkulu cukup banyak. Orang  yang menjual ikan asin kebanyakan untuk wisatawan yang sedang berwisata atau lewat di Pasar Pantai ini  .

Salah seorang pedagang ikan asin, Safarudin (55) yang juga Ketua RT 9 Kelurahan Malbobro mengatakan bahwa ikan asin yang dia jual ini memang disiapkan untuk wisatawan yang datang ke daerah ini. Sebagian kecil, ada juga warga Bengkulu yang membelinya.

Bapak ini banyak sekali menyiapkan ikan asin itu. Ada dari jenis ikan beledang, ikan tri, ikan bleberan, cumi-cumi, ikan kakap setiap hari. ''Harganya itu bervariasi. Ada yang sekilo itu harganya  Rp 10.000. Ada Rp 40.000. Jika  lagi badai kayak gini, ikan asin ini naik dari hari biasanya. Kalau dihari biasa, bisa jadi ikan asin ini Rp 60.000, kalau lagi badai bisa jadi harganya Rp 70.000 per kg. Kalau lagi banyak, harganya murah. Kalau lagi dikit, harganya mahal,'' ujar Safarudin kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Ia mengatakan, rata-rata yang sering di beli ikan asin ini, seperti cumi-cumi , ikan tri, hampir rata-rata  pembeli ini, banyak dari luar Kota Bengkulu. Seperti Pulau Jawa, Sumatera Selatan, Lahat, Pagar Alam, Jambi,

''Kalau seperti orang asli Bengulu itu jarang. Kemungkinan belinya cuman sedikit. Karena itu, kami ini lebih utama sama orang-orang dari luar kota. Karena, untuk oleh-oleh  dengan jumlahnya belinya yang banyak.''

Pendapatannya untuk sekarang ini mungkin sepi. Apalagi selama corona ini. Mungkin cuman Rp 100.000. Karena  selama corona ini  wisatawan takut untuk jalan-jalan ke setiap daerah-daerah di Bengkulu ini. Terkadang laku sampai Rp 50.000 kalau.

Sedangkan sebelum corona ini, pendapatan sampai Rp 150.000. Kadang ada sampai Rp 200.000.

''Untuk ikan asin ini, kami banyak buat sendiri jika ikannya lagi ada. Kalau enggak ada juga, kadang ambil sama orang seperti di pulau Enggano itu. Kan mereka enggak ada ikan tri. Mereka ngambilnya sama kami.''

Harapannya,  semoga saja corona ini cepat berlalu. Orang dari luar bisa masuk lagi ke Bengkulu. Mereka bisa belanja.   ''Cuman itu saja. Karena kan wisatawan dari luar kota itu yang sering membeli ikan asin ini untuk oleh-oleh saat datang ke Bengkulu ini,'' ujar Safarudin.

Untuk wisatawan yang ingin datang ke Bengkulu jangan lupa datang ke Jl. Sumur Melele.Kec Teluk Segera, Kota Bengkulu disana ada yang menjual berbagai ikan asin yang sangat murah-murah sekali. (Mg-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: