Prioritaskan Usulan yang Meningkatkan Ekonomi Warga

Prioritaskan Usulan yang Meningkatkan Ekonomi Warga

RBO, MANNA - Usulan-usulan yang wajib diprioritaskan adalah usulan program yang mampu menumbuhkan semangat untuk mengembangkan ekonomi desa. Kepala Kecamatan Manna Turman, SE mengatakan dalam kegiatan Musrenbangcam untuk tahun 2022 ini diharapkan prioritas pengusulan yang mampu mendongkrak tumbuhnya ekonomi desa.

"Sesuai dengan sistem yang baru saat ini sehubungan dengan pandemi ini, Pengusulan di Musrenbangcam ini sudah berbeda. Kalau pada tahun belakang seluruh Kepala Desa, perangkat dan tenaga teknik semua dipanggil sehingga untuk rekapitulasi mengalami kesulitan bagi para Bappeda karena terlalu banyak. Saat ini tidak lagi seperti dulu apa yang sudah menjadi usulan desa langsung berhubungan dengan dinas yang bersangkutan dengan usulan seperti usulan bibit berarti ke Dinas Pertanian," Jelas Turman di Ruangan nya, Kamis (18/02). Sehingga kalau usulan tersebut sudah sampai ke dinas terkait maka akan lebih mudah untuk mendatanya. Mudah - mudahan usulan tersebut bisa terealisasi baik itu pembangunan maupun pemberdayaan dengan mengedepankan usulan yang prioritas.

Adapun yang disampaikan oleh Kepala  Bappeda - Litbang Sukarni Dunip,MM bahwa bahwa saat ini usulan dimasukkan kedalam sistem dan ditemukan ke dinas terkait baru nantinya masuk kebahan RKPD. nantinya pihak Bappeda akan membagi semua usulan tersebut tinggal dinas terkait membuka sistem tersebut. "Sehingga lebih efisien dan terkontrol, bahkan untuk pihak Kemendagri pun bisa melihat usulan tersebut, Tetapi saat ini untuk di DPR sudah berubah. Kalau dahulu para anggota DPR itu membawa Pokir pada saat pembahasan anggaran kalau sekarang DPR membawa Pokirnya pada pembahasan anggaran saat ini. Karena setiap anggota DPR mempunyai aplikasi sendiri - sendiri," kata Sukarni.

Sehingga nantinya usulan tersebut akan dipilih oleh pihak Bappeda mana yang Pokir mana yang usulan masyarakat yang sudah disampaikan kepada pihak terkait. Kalau usulan Pokir dan masyarakat ini sama sehingga pada saat pembahasan anggaran setiap DPR mempunyai data Pokir yang inilah yang nantinya diusulkan tetapi tetap memilih yang skala prioritas.

"Semoga dengan sistem yang sudah kita lakukan ini apa yang menjadi usulan dari masyarakat satu persepsi dengan apa yang diprogramkan, Sehingga kegiatan tersebut bisa terealisasi dan dilaksanakan menjadi suatu kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," Pungkas Sukarni.(afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: