Awasi Penyaluran PEN, OJK Bengkulu Siap Berkolaborasi

Awasi Penyaluran PEN, OJK Bengkulu Siap Berkolaborasi

RBO >>>  BENGKULU >>>  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Bengkulu siap bersinergi dengan lembaga ataupun instansi manapun. Terutama dalam mengawasi penyaluran bantuan dari pemerintah pusat untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Demikian ditegaskan Kepala OJK Perwakilan Provinsi Bengkulu, Tito Adji Siswantoro kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

"Kita menyambut baik jika ada lembaga ataupun instansi lainnya yang ingin menggandeng OJK dalam pengawasan penyaluran PEN. Terutama bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19 ini," ungkap Tito ketika dikonfirmasi terkait rencana Waka III DPD RI, Sultan B. Najamudin yang ingin menggandeng OJK dalam penyaluran bantuan PEN.

Menurutnya, pengawasan dalam penyaluran bantuan PEN yang bertujuan untuk menumbukan perekonomian masyarakat, memang menjadi salah satu peran pihaknya. "Kitakan sama-sama mengetahui jika bantuan PEN dari pemerintah pusat itu disalurkan melalui Perbankan. Baik Perbankan yang termasuk BUMN ataupun swasta," kata Tito.

Biasanya, lanjut Tito, setiap Perbankan bakal melaporkan kepada pihaknya, bantuan PEN itu disalurkan kemana saja. Berbekal dari laporan itu, pihaknya melakukan audit. "Kemungkinan besar bulan depan, laporan yang dimaksud sudah kita terima. Setelah itu langsung kita lakukan audit dengan cara mengambil sampling," terangnya.

Lebih jauh dikatakannya, untuk tahun lalu bantuan PEN untuk Provinsi Bengkulu ini sekitar Rp 200 miliar. Sedangkan untuk tahun ini pihaknya belum mengetahui angka secara pasti. "Kita pastikan juga bakal mendorong penyaluran PEN oleh teman-teman Perbankan berjalan baik. Sehingga tujuan dari penyaluran itu bisa tercapai maksimal," singkat Tito. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: