Duduki Lahan HGU PT AA Massa Tanam Sawit

Duduki Lahan HGU PT AA Massa Tanam Sawit

RBO, SELUMA - Ratusan massa yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Senin (14/3) siang menduduki lahan PT Agri Andalas (AA). Kedatangan ratusan massa tersebut menggelar aksitepatnya berada di Afdeling 3.Sebelumnya, terlebih dahulu ratusan massa tersebut berkumpul di perbatasan Desa Lawang Agung dengan Desa Pasar Ngalam. Setelah berkumpul di beberapa titik, rombongan massa tersebut sekitar pukul 10.00 wib mulai bergerak ke lokasi lahan yang diklaim merupakan lahan milik HKTI. Dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat, ratusan massa tersebut menuju ke lokasi lahan HGU PT Agri Andalas yang berada di lokasi Afdeling 3.

Dengan dipandu oleh koordinator, ratusan massa tersebut berkumpul di lokasi. Serta mendapatkan arahan dari koordinator, sebelum melakukan aksi penanaman pohon sawit ratusan massa tersebut terlebih dahulu melakukan makan bersama di lokasi HGU.

"Dari hasil rapat, untuk jumlah masa ada sekitar kurang lebih 824 orang dari berbagai macam daerah. Yakni dari Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah dan mayoritas dari Kabupaten Seluma. Tujuan kita untuk menunjukan bahwa kita (HKTI) Kabupaten Seluma memiliki lahan di daerah Pasar Ngalam dan sekitarnya. Terkhusus mulai titik koordinat nya dari ABD 3 Padang Lingkungan sampai ke Parit 7 Desa Pasar Seluma," sampai wakil Ketua HKTI, Heri Supardi.

Heri juga mengatakan, aksi ini bukanlah aksi unjuk rasa, melainkan aksi pendudukan lahan milik HKTI di lokasi HGU PT Agri Andalas. Serta melakukan penanaman di lokasi yang merupakan lahan milik HKTI. Adapun luas lahan yang merupakan lahan milik HKTI yang saat ini berada di lokasi HGU PT Agri Andalas ada seluasĀ  3500 Hektar lahan.

"Kita menduduki lahan kita. Dengan agenda penanaman jika bibit cukup, jika tidak pada hari ini melakukan peletakan batu pertama," sampainya.

Dalam aksinya, sebelum melakukan penanaman di lokasi tersebut, ratusan masa sebelumnya menyanyikan lagu Indonesia Raya di lokasi perkebunan. Setelah itu,ratusan massa langsung melakukan penanaman berbagai jenis pohon di lokasi HGU PT Agri Andalas. Dengan dilakukan pengawalan oleh pihak Aparat gabungan dari pihak Kepolisian jajaran Polres Seluma dan TNI Kodim 0425/Seluma. Dalam aksi tersebut juga tampak Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, SIk juga langsung ikut turun untuk memberikan pengamanan.

"Untuk pengamanan ada sebanyak 200 personil yang kita turunkan dari gabungan Polres dan Kodim. Pengaman dilakukan dua titik di Afdeling 3 dan di Kantor PT Agri Andalas," terang Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, SIk.

Untuk pengamanan yang dilakukan dalam bentuk persuasif. Yakni dengan melakukan himbauan kepada massa yang hari ini untuk menggelar aksi dengan tertib tanpa menimbulkan tindakan yang melanggar aturan.

"Upaya kita secara persuasif, dengan menghimbau massa jangan sampai anarkis. Karena ini sudah melanggar protokol Covid-19 yang membuat warga berkerumunan," tegasnya.

Sementara itu, Humas PT Agri Andalas Hasan menegaskan, jika pihaknya menolak secara tegas aksi sepihak yang dilakukan oleh HKTI dengan cara yang tidak mematuhi aturan seperti melakukan penanaman di lahan milik PT Agri Andalas. Maka dari itu pihaknya akan menempuh jalur hukum aksi yang dilakukan HKTI.

"Kita akan menempuh jalur hukum, karyawan kita sudah ditugaskan untuk membuat laporan ke pihak berwajib. Maka dari itu kita minta aparat tegas melakukan tindakan kepada yang mengatasnamakan HKTI Kabupaten Seluma," terang Hasan.

Hasan juga mengatakan jika, PT Agri Andalas memiliki dokumen yang lengkap atas kepemilikan lahan tersebut.

"Kita memiliki dokumen perizinan yang lengkap, kita tidak akan izin mereka menginap di lahan ini. Kita akan meminta aparat melakukan tindakan tegas agar mereka keluar dari lahan kita ini," sampainya. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: