Siswa MAN 2 Kota Bengkulu Juara 3 Debat Nasional

Siswa MAN 2 Kota Bengkulu Juara 3 Debat Nasional

RBO <<<  BENGKULU <<<  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu kembali meraih juara di tingkat nasional, dalam ajang lomba debat yang diadakan SMAN 4 Kota Bengkulu. Dalam kompetisi tersebut, MAN 2 Kota Bengkulu menurunkan 2 tim yang terdiri dari Tim A dengan anggota Firdaus Ahmad kelas XI MIPA 1, Linda Rahmawati Kelas XI MIPA 1, Sherli Puspika Dewi Kelas XI MIPA 1 dan tim B yang beranggotakan Rahma NurHaliza Putri kelas X MIPA 1, Tarih Wulan Sari Kelas X MIPA 3 dan Yulis Kartika Sari kelas X MIPA 2, dengan guru pendamping Sri Wilujeng W, M.Pd.

Pelaksanaan lomba debat itu digelar beberapa hari yang lalu, yang diadakan secara virtual. Lomba debat terdiri dari tiga babak pertandingan. Yaitu babak penyisihan, perempat final, semi final dan babak final. Sistem debat yang digunakan dalam lomba ini adalah sistem Asian Parlementer.

Pada hari pertama,  kedua tim debat  MAN 2 Kota Bengkulu lolos babak penyisihan dengan menyisihkan 24 peserta dari berbagai daerah. Saat itu Tim A MAN 2 Kota Bengkulu mengalahkan SMKN 9 Kota Tanggerang dan tim B menyisihkan SMKN 40 Jakarta.

Pada hari kedua, laju Tim B MAN 2 Kota Bengkulu terhenti setelah dikalahkan oleh tim debat SMA Kristen Siloan Ba’a pada babak semifinal. Sedangkan tim A berhasil mengalahkan tim debat SMAN 6 Kota Bengkulu, dan harus berhadapan dengan tim debat SMAN 5 untuk memperebutkan juara ke 3. Namun, ketika akan memulai pelaksanaan debat melawan tim debat SMAN 5 Kota Bengkulu, terjadi insiden mati listrik, sehingga tim A MAN 2 Kota Bengkulu tidak dapat mengakses internet. Tetapi dengan kerjasama tim, masalah tersebut bisa terselesaikan dan tim A MAN 2 berhasil mengalahkan tim debat SMAN 5 Kota Bengkulu dan dinobatkan sebagai juara ke-3.

Kepala MAN 2 Kota Bengkulu, Karmila, M.Pd, mengaku sangat bangga atas perolehan prestasi yang diraih oleh anak didiknya. Sebelum berangkat mengikuti lomba,  para siswa dibina dengan matang oleh para guru pembinanya. "Kami memiliki slogan tampil dengan persiapan, turun dengan kehormatan," ujar Karmila yang didampingi Waka Humas MAN 2 Kota Bengkulu, Herwin Cahyadi, M.Pd kepada radarbengkuluonline.com, Rabu (28/4).

Dijelaskannya, dari slogan tersebut bukan hanya sekadar ucapan saja. Namun, memang menunjukkan bahwa persiapan sebelum turun ke perlombaan sangat penting. Karena, mereka akan terlatih dan terampil saat berkompetisi. "Kamu juga mengucapkan kepada pelatih dan pembimbing yang sudah berusaha sebaik mungkin melatih, dan mendampingi para siswa MAN 2 Kota Bengkulu hingga meraih predikat juara di tingkat nasional," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: