Bengkulu Rawan Bencana, JK Minta PMI Maksimal Bantu Masyarakat

Bengkulu Rawan Bencana, JK Minta PMI Maksimal Bantu Masyarakat

Asnawi A. Lamat Resmi Pimpin PMI Bengkulu-2026

RBO >>> BENGKULU >>>  Kepengurusan beserta Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu masa bakti tahun 2021-2026, secara resmi telah dilantik. Pelantikan pengurus PMI Provinsi Bengkulu yang diketuai Drs H. Asnawi A Lamat, M.Si dan Sekretaris Joni Saputra dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid 19 tersebut, langsung dilaksanakan oleh Ketua Umum PMI, H. M. Jusuf Kalla beserta rombongan turut hadir Sekjen PMI serta Bendahara Umum, bertempat di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu Jumat (28/5).

Ketua Umum PMI yang akrab disapa JK itu mengatakan, tugas utama PMI adalah mengatasi kesulitan sekaligus penderitaan masyarakat. Baik itu disebabkan bencana alam maupun bencana nonalam, dalam negeri maupun luar negeri. Seperti saat ini ikut membantu masyarakat Palestina.

Oleh karena itu, pengurus bersama relawan PMI di Bengkulu, agar bekerja maksimal, sebaik-baiknya. Terlebih wilayah Bengkulu diketahui rawan terjadinya bencana alam. Baik itu banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun tsunami.

“Memang PMI  bekerja dalam mengatasi bencana dan kemanusiaan tidak bisa sendiri. Namun perlu dukungan dari semua stake holder. Tapi prinsip kerja yang perlu ditekankan, selalu mengedepankan kecepatan, kesiapan logistik dan relawan,” ungkap JK yang pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada F.A.S. Alwi yang selama ini telah memimpin dan menunjukkan kiprah PMI Provinsi Bengkulu di tengah-tengah masyarakat selama ini.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada pengurus dan dewan kehormatan PMI Provinsi Bengkulu yang telah dilantik. Apalagi semangat pengurus PMI yang berasal dari berbagai elemen masyarakat ini, untuk kerja kemanusiaan sangat luar biasa, seiring juga akan didukung keberadaan kantor baru yang saat ini dalam tahap pembangunan, akan diselesaikan pekerjaannya pada tahun anggaran 2021 ini.

Belum lagi Gubernur menyebutkan, kehadiran PMI di tengah-tengah masyarakat sangat terasa sekali. Baik dalam penyediaan darah yang kebutuhannya selalu meningkat, dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu kehadiran PMI dalam menangani musibah kebencanaan, diakui Rohidin, hampir selalu hadir di awal, termasuk, kegiatan mitigasi kebencanaannya.

“Lantaran wilayah Bengkulu rawan bencana, agar kegiatan mitigasi bencana agar lebih didorong lagi di tengah-tengah masyarakat. Belum lagi sebelumnya juga sudah bekerjasama dengan Palang Merah Jepang, sehingga dengan masyarakat akan selalu siap siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana dan korban jiwa bisa di minimalisir,” terang Gubernur yang juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke 79 sekaligus mendoakan Jusuf Kalla, agar selalu sehat dan mendapatkan keberkahan.

Dibagian lain, Ketua PMI Provinsi Bengkulu, Asnawi A Lamat menyatakan, siap bersatu dan bersinergi untuk menjalankan tugas kemanusiaan secara sukarelawa. Terutama membantu pemerintah daerah di garis terdepan dalam menangani berbagai musibah bencana alam dan non alam yang dialami masyarakat. Bahkan dalam penanganan Covid 19, sejak bulan Maret 2020 lalu sampai saat ini, PMI terus melakukan baik penyemprotan, penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), maupun penyediaan sarana pendukung lain. Diantaranya, pemberian 33 ribu masker, tempat cuci tangan 50 ribu jiwa lebih.

Begitu juga dalam pemenuhan kebutuhan darah dari masyarakat lebih kurang 76 ribu lebih baru mampu memenuhi 68 persen, sehingga sekitar 35 persen kebutuhan darah lagi berasal donor darah pengganti. “Kedepan itu tugas pengurus baru. Makanya kami minta dukungan semua, agar cita-cita sekaligus program prioritas kita untuk membentuk UTD tingkat provinsi, dapat terlaksana,” demikian Asnawi.

Dari pantauan jurnalis radarbengkuluonline.com saat pelantikan, nampak beberapa tokoh Bengkulu. Seperti Wakil Ketua I DPRD Provinsi, Samsu Amanah S.Sos. Kemudian Kepala Dinkes H. Herwan Anthoni, lalu Asisten Pemda Provinsi Hj. Yuliswani, serta mantan Sekda Bengkulu Tengah, H. Darmawan Yakub masuk dalam jajaran pengurus PMI Provinsi Bengkulu masa bakti tahun 2021-2026. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: