TP PPK Bengkulu Selatan Imbau Warga Manfaatkan Lahan Pekarangan

TP PPK Bengkulu Selatan Imbau Warga Manfaatkan Lahan Pekarangan

Terus Bina 142 TP PKK Desa/Kelurahan 

RBO >>> MANNA >>>   Ketua PKK Kabupaten Bengkulu Selatan, Nurmalena mengatakan,PKK kabupaten akan terus melakukan pembinaan terhadap 142 Desa yang ada di Bengkulu Selatan . Salah satu program yang gencar dilakukan saat itu, yaitu setiap rumah diminta  untuk memanfaatkan lahan pekarangannya masing-masing. Baik itu yang sempit maupun yang luas. Ini manfaatnya amat bagus. Yaitu, bisa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar.

"Dengan pemanfaattan perkarangan ini, kami memintak setiap desa mempunyai salah satu rumah percontohan untuk mewujudkan hal itu. Kami juga akan melakukan pembinaan ke setiap desa.Sehingga program PKK Kabupaten ini nantinya akan diikuti sampai ke desa-desa," papar Lena -- begitu dia biasa dipanggil-- saat ditemui radarbengkuluonline.com di Rumah Dinas Bupati Bengkulu Selatan, Rabu (2/6).

Program ini, paparnya, sudah mulai dilakukan dan sudah ada hasilnya. Salah satu contoh yang sudah dilakukan, lanjutnya, saat ini sudah dilakukan panen kangkung bersama. Walaupun tidak mempunyai lahan yang luas, hasilnyapun cukup banyak. Usaha ini, hanya  dengan menggunakan botol minuman gelas yang disusun rapat di pekarangan rumah warga. Bahkan hasil panennya pun bisa mencukupi kebutuhan. Bahkan, bisa diperjualbelikan.

Saat ini, paparnya,   PKK Kabupaten Bengkulu Selatan juga menggagas pemeliharaan lele dalam ember. Dimana tutup ember tersebut akan dilubangi untuk tanaman kangkung. Sehingga dalam satu wadah banyak yang dihasilkan.

"Untuk itu kita berharap setiap PKK, baik dari kabupaten, kecamatan, maupun desa bisa berperan aktif untuk menjalankan 10 program pokoknya. Apalagi dimasa pandemi ini yang kegiatan kita sedikit dibatasi, tetapi kita masih mampu berinovasi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat."

Selain memanfaatkan lahan pekarangan yang ada, PKK Kabupaten Bengkulu Selatan juga berharap dimasa pandemi ini tetap menjalankan programnya. Seperti mencegah terjadinya stanting dan berupaya bagaimana cara PKK membantu masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid - 19.

"Pemanfaatan pekarangan ini banyak manfaatnya. Salah satunya kita juga bisa memanfaatkan barang bekas yang tidak dipergunakan lagi sebagai wadah untuk menanam beberapa jenis tanaman. Selain itu pemanfaatan lahan ini bisa membantu perekonomian keluarga tanpa harus membeli ke pasar. Bahkan kita bisa menjual kalau hasilnya banyak," pungkas Lena.(afa/krn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: