Warning Tiga Minggu, Warga Ancam Kerahkan Massa Tuntut Rehab Jembatan

Warning Tiga Minggu, Warga Ancam Kerahkan Massa Tuntut Rehab Jembatan

RBO >>> SELUMA >>> Massa yang menamakan dirinya Gerakan Anak Ulu Alas (GAUL) mewarning DPRD Seluma dan pihak eksekutif selama tiga minggu untuk menunjukkan aksi nyata menanggapi tuntutan terkait perbaikan jembatan rusak di Desa Renah Gajah Mati (RGM) 2 Kecamatan Semidang Alas (SA).
" Kita beri warning tiga minggu. Jika tidak ada respons, maka kami akan datang dengan mengerahkan massa yang lebih banyak lagi," sampai Koordinator Aksi GAUL, Muklas Adi Putra kepada radarbengkuluonline.comĀ  Rabu (2/6).
Menurutnya, kerusakan jembatan selain faktor usia serta minimnya perbaikan, juga menjadi tanggung jawab PT Mutiara Sawit Seluma (MSS) yang kerap mengangkut hasil sawit melintasi jembatan tersebut.
" Ada tiga tuntutan kami. Yakni, meminta Pemerintah Kabupaten Seluma segera merealisasikan rencana perbaikan jembatan di Desa RGM 2 Ulu Alas, meminta DPRD untuk memanggil pihak PT MSS terkait kontribusi pihak perusahaan terhadap keberadaan jembatan di desa RGM 2 dan meminta DPRD memanggil pihak PT MSS,memohom DPRD dan bupati untuk segera mendesak pihak perusahaan agar membuat jalan dikebun mereka sendiri dan meninjau ulang HGU," sampai Muklas Adi Putra.
Sementara itu, Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto mengatakan kerusakan jembatan di Desa RGM 2 tidak semata-mata akibat lalu lintas aktivitas PT MSS. " Memang jalan itu merupakan salah satu jalan produksi PT MSS. Tapi, mereka menggunakan armada kecil maksimal 2 ton, bukan menggunakan armada besar. Jadi, artinya musibah ini merupakan musibah bencana alam, sehingga pemerintah daerah memang harus segera memperbaikinya," ujar Wabup Drs Gustianto.
Hanya demikian, butuh proses dan pendanaan. Oleh karena itu, pihaknya bersama DPRD akan turun ke lapangan, meninjau dan merancang serta menganggarkannya, lalu membangun jembatan secara matang agar kedepan tidak selalu mudah rusak. "Jika tidak segera dibangun, ada 8 Desa yang terancam terisolir di Ulu Alas," ujar Wabup. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: