Dinas TPHP Provinsi Lakukan Pengendalian Hama di BU

Dinas TPHP Provinsi Lakukan Pengendalian Hama di BU

RBO >>>  ARGA MAKMUR >>>  Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu yang dipimpin langsung Kepala Dinas Ricky Gunawan melakukan penyemprotan massal penanganan dan pengendalian hama di Desa Tanjung Agung dan Desa Alun Dua, Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP) Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu pagi (7/7).

Penyemprotan ini dilakukan setelah mendapatkan laporan 30 hektar sawah milik petani di dua desa telah diserang hama pengerek batang coklat dan tikus dalam beberapa bulan terakhir dan membuat 450 petani yang tergabung di 9 kelompok tani gagal panen.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunawan menyebutkan, pihaknya memberikan bantuan pestisida sidarat untuk pengendalian tikus sebanyak 100 kilogram dan cairan abuki sebanyak 30 liter untuk pengerek batang coklat. ”Bantuan ini diberikan untuk pencegahan serangan hama yang menyebar ke area sawah lain dan meminta dengan adanya kejadian tersebut para petani diminta untuk segera mendaftar ke asuransi jika sudah memasuki musim tanam,” ujar Ricky kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dari pengamatan pihaknya, ia juga menduga serangan hama pegerek dan tikus terjadi disebabkan pola tanam petani yang tidak teratur yang dimana seharusnya di penanaman padi harus dilakukan secara serentak agar mudah dilakukan pengendalian hama dan penyakit.

Sementara itu Kepala Dinas TPHP Bengkulu Utara, Kuasa Barus mengucapkan terima kasihnya kepada pihak provinsi yang telah turut langsung melakukan penanganan dan pengendalian hama di dua desa tersebut. ”Terima kasih tentunya kita ucapkan kepada pihak Provinsi yang turun langsung ke lokasi. Tak hanya pestisida, pihak provinsi juga memberikan bantuan bibit palawija sebagai peganti tanaman . Kita berharap dengan bantuan tersebut petani dapat melakukan penanaman serentak pada bulan Oktober mendatang,” ujar Kuasa Barus. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: