Ayo Cairkan Ratusan Miliar Dana Desa

Ayo Cairkan Ratusan  Miliar Dana Desa

Supaya Ekonomi Bengkulu Cepat Bergerak dan Bangkit

RBO >>>  BENGKULU >>>  Walaupun sudah memasuki triwulanan akhir tahun ini beberapa pemda belum menunjukkan peningkatan realisasi Dan Desa. Hingga saat ini baru 3 kabupaten yang sudah menyalurkan dana desa tahap III. Yakni Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Dengan dicairkan dan dibelanjakannya dana desa ini, maka ekonomi akan cepat bangkit dan bergerak. Sebab, ada ratusan miliar uang yang akan berputar di masyarakat Bengkulu. Karena itu, setiap Pemda agar mempercepat pencairan dana desa itu. “Kita dorong agar kabupaten lainnya segera realisasikan untuk dana desa Tahap III ini," ujar Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, Syarwan Selasa pagi (12/10) .

Penyaluran dana desa tahap III di Pemda Kabupaten Bengkulu Utara, telah mencapai 8,1 persen atau Rp 8,1 miliar untuk 63 desa. Dengan capaian keseluruhan realisasi dana desa dari tahap pertama sebanyak Rp 141,8 miliar atau 83 persen. Sedangkan untuk Pemda Kabupaten Bengkulu Selatan penyalur  dana desa tahap III mencapai Rp 79 miliar atau 10,1 persen, sehingga untuk penyaluran dana desa secara keseluruhan di Kabupaten Bengkulu Selatan mencapai Rp 96,6 miliar atau 87 persen. Dan untuk Pemda Kabupaten Kaur, untuk realisasi dana desa tahap III ini sudah diangka 7,3 persen atau senilai dengan  Rp 63 miliar. Jadi dari penyaluran dana desa tahap pertama hingga kini telah mencapai 83,1 persen atau Rp 122,1 miliar.

“Realisasi penyaluran Dana Desa Provinsi Bengkulu secara totalnya mencapai Rp 836,1 miliar atau 77 persen dari total pagu Rp 1,085 triliun,” ungkap Syarwan kepada radarbengkuluonline.com .

Untuk diketahui bahwa pagu DD untuk Provinsi Bengkulu saat ini mencapai Rp 1.805.020.660.000. Dengan pagu terbesar ada di Bengkulu Utara yakni Rp 170 miliar, disusul Kaur Rp 147 miliar, Seluma Rp 141 miliar, Mukomuko Rp 123 miliar, Rejang Lebong, 113 miliar, Bengkulu Tengah Rp 112 miliar, Bengkulu Selatan Rp 110 miliar, Kepahiang Rp 86 miliar dan Lebong Rp 79 miliar.

“Sementara itu seluruh Pemda telah menyalurkan BLT Desa, namun belum seluruh Desa mendapatkan alokasi BLT Desa hingga bulan September 2021,” tukasnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: