Kalapas dan Warga Binaan Manfaatkan Pekarangan

Kalapas dan Warga Binaan Manfaatkan Pekarangan

radarbengkuluonline.com -  ARGA MAKMUR - Dalam mendukung ketahanan pangan berdaulat, 5 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Asimilasi melakukan kegiatan pengolahan Tanah di lahan SAE Pertanian yang terletak kawasan hijau atau pekarangan yang berada di luar tembok Lapas kelas II B Arga Makmur.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari revitalisasi dan resolusi pemasyarakatan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan tindaklanjut dari Kepmenkumham Nomor M.HH-01.OT.01.03 Tahun 2021 tentang Pilot Project Lembaga Pemasyarakatan yang menyelenggarakan kegiatan produktif serta Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-403.PK.01.04.04 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sarana Asimilasi dan Edukasi di Lembaga Pemasyarakatan.

Adapun tujuan kegiatan ini, yakni tindak lanjut kegiatan Lapas produktif dan Lapas Penyelenggaraan SAE, meningkatkan ketahanan pangan dan pembinaan kemandirian narapidana untuk mewujudkan narapidana yang terampil, produktif dan berdayaguna.

Kegiatan yang dipimpin langsung Kepala Lapas Luhur Pambudi tersebut tampak kompak turut mencoba menggunakan hand traktor, didampingi Kasi Binadik& Giatja, Adriansyah dan Kasubsi Kegiatan Kerja Syarif Hidayat .

Dikatakan Kalapas Luhur Pambudi, para napi di Lapas Kelas II B Arga Makmur ini selalu diajarkan untuk mengasah kemampuannya di dalam Lapas agar nanti ketika bebas mereka mempunya keterampilan. BACA JUGA: Persiapkan HUT Provinsi, Pemkab BU Gelar Rapat

“Para napi  selalu kita ajarkan dan beri kesempatan untuk mengasah kemampuannya di dalam Lapas agar saat bebas nanti mereka sudah ada skill untuk bekerja dan tidak mengulangi lagi kesalahannya. Ini tindak lanjut dari Kepmenkumham tentang pilot project lembaga pemasyarakatan, “ kata Luhur Pambudi.

Setelah diberikan arahan dan bimbingan oleh Kasubsi Kegiatan Kerja, 5 orang WBP Asimilasi melanjutkan mengolah lahan pertanian SAE Lapas dengan menggunakan hand traktor. Kegiatan WBP Asimilasi ini di bawah bimbingan dan pengawasan Kasubsi Kegiatan Kerja dan staf yang dibantu Pengawalan dan Pengawasan staf KPLP/Kamtib. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: