Erick Thohir Sebut BUMN Boros Modal

Erick Thohir Sebut BUMN Boros Modal

radarbengkuluonline.com  – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memperkirakan laba bersih BUMN tahun ini mencapai Rp 40 triliun. Sebab, hingga semester pertama atau pertengahan tahun ini laba BUMN telah mencapai Rp 26 triliun.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, laba pada semester pertama tahun ini sudah jauh di atas perolehan 2020 yang sebesar Rp 13 triliun. Laba bersih tersebut diperoleh dari pendapatan BUMN yang sebesar Rp 1.900 triliun.

“Kalau kita lihat laba bersih BUMN itu sudah lebih bagus. Tahun 2020 konsolidasi itu Rp 13 triliun, full year,” kata Menteri BUMN Erick Thohir secara virtual, Selasa (16/11).

BACA JUGA:

Siap-Siap, Kangaro Motor Bengkulu Perkenalkan Mobil Suzuki Baru

Menurutnya, perkiraan laba BUMN yang sebesar Rp 40 triliun tersebut dinilai masih kecil. Sebab, masih ada pemborosan di belanja modal atau capital expenditure (capex).

“Saya bekas swasta, dari Rp 1.900 triliun, bottom line Rp40 triliun, itu laba bersih sangat amat kecil. Berarti ada pemborosan yang luar biasa di tengah, di capex,” ucapnya.

Erick menambahkan, sumber daya manusia (SDM) atau human capital menjadi kunci dalam pembangunan BUMN. Sebab, saat ini industri telah memasuki era digitalisasi. Sehingga, mau tak mau semua harus lebih efisien.(JawaPos.Com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: