Ini Nah Fitur-Fitur Baru One UI 4 Samsung

Ini Nah Fitur-Fitur Baru One UI 4 Samsung

radarbengkuluonline.com - Perusahaan Samsung Electronics Co., Ltd. baru-baru ini mengumumkan peluncuran resmi One UI 4, yang dihadirkan pertama kali pada seri Galaxy S21. Termasuk Galaxy S21, Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra, mulai 15 November 2021. Dikembangkan sendiri oleh Samsung, User Interface (UI) atau antarmuka sistem operasi (OS) Android itu kini punya opsi kustomisasi baru, fitur privasi, dan akses ke ekosistem Samsung yang diklaim terus berkembang. Selain itu, One UI 4 baru juga dikatakan menghadirkan pengalaman mobile yang lebih canggih, membuat pengguna memegang kendali penuh.

“Kami berkomitmen untuk memberikan semua orang akses ke pengalaman mobile terbaik, sesegera mungkin,” kata Janghyun Yoon, Executive Vice President and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business, Samsung Electronics.

Lebih lanjut dikatakan, One UI 4 memenuhi janji tersebut, melengkapi pengguna smartphone Galaxy dengan fitur kustomisasi dan privasi terbaru. “Tapi kami tidak akan berhenti disitu. Segera, pengguna smartphone dan tablet lainnya juga akan dapat memanfaatkan pembaruan perangkat lunak ini, memperoleh pengalaman yang lebih mulus di seluruh ekosistem kami,” lanjut Yoon. Soal fitur baru, One UI 4 memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman mobile yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik dan mengekspresikan kepribadian masing-masing.

One UI baru ini punya berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih. Pengguna dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background. One UI 4 ini nghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan. Dengan One UI 4, pengguna juga akan mendapatkan opsi penyesuaian di setiap kesempatan.

Dengan widget yang dirancang ulang dan menawarkan kustomisasi yang lebih detail, mengekspresikan signature style Anda di smartphone menjadi sangat mudah. Widget yang sudah didesain ulang dan ditingkatkan menawarkan penyesuaian yang mendalam, mulai dari visibilitas hingga tampilan. User pun dapat meletakkan widget penting di lock screen seperti kalender untuk mengecek jadwal sekilas hingga Voice Recorder untuk merekam ide-ide yang muncul tiba-tiba, tanpa perlu membuka lock screen.

Mereka juga mendapatkan akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan konfigurasi pilihan mereka untuk menikmati pengalaman komunikasi yang lebih seru. Jika satu emoji masih kurang, pengguna juga dapat menggabungkan dua emoji ke dalam satu animasi untuk benar-benar mengekspresikan perasaan Anda saat itu. Ekspresikan diri dengan lebih banyak variasi fitur emoji, GIF, dan stiker yang tersedia langsung dari keyboard mereka.

Selain tampilan yang lebih kece, aspek privasi juga diperkuat. Oleh karena itu, dengan One UI 4, Samsung menghadirkan fitur privasi dan keamanan terbaru, sehingga pengguna dapat memilih apa saja yang ingin mereka bagikan atau rahasiakan. Dengan One UI 4, memonitor dan mengontrol pengaturan privasi menjadi lebih mudah, mulai dari memberikan peringatan hingga saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon sampai dashboard privasi baru yang meletakkan semua pengaturan dan kontrol pengguna ke satu tempat yang nyaman dipantau.

Contohnya, dari dashboard ini, user nantinya dapat langsung memblokir sementara akses kamera dan mikrofon ke semua aplikasi. Yang lain dari UI baru Samsung ini adalah perluasan pada opsi izin Android 12. Samsung menyebut, hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam tujuh hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir.

Yang terakhir, One UI 4 yang baru kabarnya juga bisa membantu pengguna memaksimalkan ekosistem luas yang mencakup rangkaian perangkat Samsung hingga aplikasi pihak ketiga, menyajikan pengalaman mobile yang lebih mantap. Untuk saat ini, One UI 4 baru tersedia di seri Galaxy S21 mulai 15 November. Pengguna tipe ponsel Samsung lainnya jangan khawatir, untuk seri Galaxy S dan Note sebelumnya serta seri Galaxy A, foldables dan tablet dalam juga akan kebagian dalam waktu tak lama lagi.

Selain itu, pengumuman ini datang bersamaan dengan pembaruan perangkat lunak untuk seri Galaxy Watch yang mulai 15 November memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur kesehatan yang ditingkatkan dan tampilan jam baru.(JawaPos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: