Program Warkop Digital Perlu Kolaborasi Semua Pihak

Program Warkop Digital Perlu Kolaborasi Semua Pihak

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Mengembangkan potensi desa dengan pendekatan transformasi digital di masa revolusi industri 4.0 dan pasca Pandemi COVID-19, menurut Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, telah menjadi keharusan dan jelas memerlukan kolaborasi dari semua pihak. Baik itu dari pemerintah, pihak swasta, maupun dari masyarakat. Termasuk semua jenis UMKM dan koperasi. Kegiatan di pedesaan, termasuk pelayanan administrasi dan Adminduk sudah harus bertransformasi ke era digital. Hal tersebut disampaikan Rohidin saat Launching Warung Kopi (Warkop) Digital pada Desa Digital dan Desa Wisata, di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong tadi siang . SILAHKAN BACA INI: Permudah Sertifikatkan Tanah, Gubernur Minta Cabut Perwal Nomor 43 Tahun 2019

Lanjut Rohidin katakan, dengan adanya Warkop Digital yang diinisiator Cyberindo, ini bisa menjadi lembaga ekonomi desa yang bisa menggerakkan ekonomi desa dengan pendekatan transformasi digital. "Saya kira untuk pendekatan bisnis anak-anak kekinian di era digital jelas sangat penting, sehingga kemandirian desa betul-betul terjamin," imbuh Rohidin.

Tidak hanya sekadar promosi kopi secara digital, lembaga ekonomi ini juga bisa menjadi wadah dalam mempromosikan produk unggulan di desa. Salah satunya bawang merah hasil pertanian Desa Karang Jaya tersebut. BACA JUGA: Ini Dia Orang Bengkulu Tersangkut Namanya di Jalan (7)

"Pada prinsipnya yang mau kita (Pemprov Bengkulu) bangun itu warung yang telah ada di desa kita upgrade, sehingga menjadi pusat pelayanan digital. Baik dari sisi perdagangan maupun transaksi keuangan sekaligus bisa menjadi pusat pembelajaran berbasis digital," ujar Rohidin.

Sementara itu dalam kesempatan itu juga dilaksanakan kegiatan Vaksinasi Massal COVID-19, penyerahan bantuan dari Bank Indonesia dan Bantuan Sosial serta Penyaluran KUR dari BRI dan penyerahan voucher Cyber Akademi.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: