Sapuan: Jangan Menyampingkan Lawan Politik

Sapuan: Jangan Menyampingkan Lawan Politik

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Kabupaten Mukomuko pada tahun 2021 ini melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III. Sebanyak 47 desa yang melaksanakan Pilkades. Tahapan Pilkades sudah tahap akhir yakni pelantikan. Namun pada pelantikan kades yang dibagi dua tempat ini, Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM tidak melantik 47 orang Kades terpilih. Namun terdapat sebanyak 48 orang Kades terpilih yang dilantik.

Karena kondisi pandemi, pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan kades terpilih dilaksanakan di dua waktu dan didua tempat. Hari pertama, Selasa (28/12) pelantikan dilaksanakan di Balai Desa Sumber Sari, Kecamatan Sungai Rumbai. Di hari pertama sebanyak 26 orang kades dilantik. SILAHKAN BACA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (22)

Hari kedua, Rabu (29/12) pelantikan kades terpilih dilaksanakan di Balai Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto. Di hari kedua ini sebanyak 22 kades terpilih diambil sumpah dan dilantik langsung oleh Bupati Mukomuko. Kalau dijumlah total kades yang dilantik yakni sebanyak 48 orang. Padahal, Pilkades serentak tahun 2021 ini hanya sebanyak 47 desa yang melaksanakan Pilkades. 1 orang kades yang turut dilantik bersamaan dengan 47 Kades hasil Pilkades serentak yakni Kades Manjunto Jaya hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Sehingga total kades yang dilantik menjadi 48 orang.

Bedanya, sebanyak 47 Kades yang dilantik hasil Pilkades serentak periode jabatannya 2021-2027. Sementara untuk Kades Air Manjunto Jaya meneruskan masa bakti sampai 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Sapuan mengatakan, Kades merupakan garda terdepan yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Oleh sebab itu, Kades yang telah dilantik harus betul-betul memberikan pelayanan yang maksimal dan terbaik untuk masyarkat. "Dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin di desa harus mengedepankan nurani dalam memberikan pelayanan," sampai Bupati.

Kepada Kades-Kades yang telah dilantik, Bupati Sapuan meminta untuk menanggalkan rasa persaingan dan perbedaan terhadap lawan-lawan saat kontestasi pemilihan Kades dihelat beberapa waktu. Kades yang menang dan telah dilantik, harus mampu merangkul semua demi kemajuan desa masing-masing dan Kabupaten Mukomuko umumnya.

"Jangan lagi ada perbedaan. Jangan menyampingkan lawan politik. Rangkul semua. Karena membangun ini butuh kebersamaan," pesan Sapuan. BACA JUGA: Jalan Tol Betungan – Taba Penanjung Harus Diteruskan ke Linggau

Menurut Bupati, Kades yang baru dilantik ini juga bertanggungjawab besar terhadap pelayanan kesehatan warganya masing-masing. Bupati menegaskan, ia tidak ingin lagi mendengar ada warga di desa-desa yang Kadesnya baru dilantik ini, ada warganya yang kurang mampu tidak dapat berobat karena tidak memiliki uang dan tidak dicover BPJS. PERLU DIBACA: Ini Pesan Bupati Kepahiang Kepada 69 Kades Yang Dilantik

Sebagai Kades, ia harus jeli melihat persoalan demikian. Serta, harus mampu mencari solusi yang bersifat segera agar warganya yang sakit dapat ditangani dengan cepat. "Cepat cari solusi. Jangan ada pembiaran. Saya tidak mau lagi dengar ada warga yang kurang mampu tidak dicover BPJS untuk berobat. Kades harus tajam melihat. Ketika ditemukan permasalahan warga, langsung cari solusi cepat dan solusi jangka panjang. Kenapa saya katakan itu? Karena Kades adalah garda terdepan pemerintahan," papar Bupati. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: