Enaknya, Ketika Musim Durian Tiba di Seluma

Enaknya, Ketika Musim  Durian Tiba di Seluma

Makan Gratis Sepuasnya, Bawa Pulang Harganya pun Miring

radarbengkuluonline.com, SELUMA - Seluma merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu. Daerah yang terletak di lintas Bengkulu-Manna itu saat ini sedang musim durian. Dalam kurun waktu sebulan terakhir, musim durian itu mulai membanjiri di sejumlah wilayah di Kabupaten Seluma. Tak perlu heran, kalau sepanjang jalan itu banyak durian dijual orang. Bagaimana rasanya? Berapa harganya? Inilah liputan wartawan radarbengkuluonline.com yang tinggal di Seluma.

WAWAN AHMAD RIDWAN - Seluma

Musim durian memang telah tiba di Seluma. Di sepanjang pinggir ruas jalan di Kabupaten Seluma, banyak terlihat lapak pedagang buah durian yang berjajar. Pemandangan buah durian segar tersebut, membuat banyak pengendara mobil dan juga motor berhenti. Lalu membeli buah durian yang sangat menggoda selera  itu.

Durian Talo, salah satunya, dikenal durian paling segar, manis dan enak rasanya. Bahkan, tidak heran banyak orang mengatakan belum makan durian rasanya kalau belum membeli durian dari Talo, Seluma. Tidak percaya, silahkan rasakan dan coba langsung makan di bawah batangnya.

BACA DULU:  Bupati, Wakil Bupati Penuhi Tuntutan Warga Seluma Ada juga sih yang takut makan durian ini. Takut mabuk. Takut tensi darahnya naik. Namun bagi sejumlah orang yang tau taktik, malam makan duren sekenyang-kenyangnya dan sepuas-puasnya. Bahkan, ada yang sampai sendawapun mengeluarkan gas rasa duren pun tak masalah. Malah, mau lagi. Ini terjadi, karena  ada cara pendekatan khusus. Maklum, orang Serawai mayoritas penduduk Seluma dikenal mudah bergaul, dan bersosialisasi, ramah dan tidak merasa keberatan untuk berbagi. BACA JUGA: Nelayan Senang, Pemkab Mukomuko Usulkan BBM Khusus

Menurut Darwis, salah seorang pemilik kebun durian, musim durian sudah berjalan sekitar sebulan terakhir. Diperkirakan, musim durian akan bertahan hingga tiga minggu kedepan.

" Biasanya harga durian berkisar dari Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per buahnya. Ini juga tergantung besar kecilnya. Kalau ikut ke kebun, makan di bawah pohonnya gratis. Kalau pulang bayar," candanya. PERLU DIBACA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (26)

Di kebun Darwis, setidaknya ada sekitar 20 pohon durian. Dalam satu malam, ada 30 hingga 50 buah durian yang jatuh dari pohonnya. Karena itu, dia terpaksa begadang di dekat pohon durian itu. " Untuk rasa, durian Talo paling manis," sampainya kepada radarbengkuluonline.com Rabu (5/1). BOLEH JUGA DIBACA: Jembatan Air Sebakul Jadi Tempat Selfie

Kalau mau makan durian segar sepuasnya tanpa membayar, pulang membawa durian dengan harga murah, lanjutnya, bisa juga. Caranya, yakni dengan berburu durian dengan ikut nunggu durian di kebun durian.... He he. Meskipun sudah biasa, namun di daerah lain, meskipun beli di bawah pohon durian, namun harganya juga masih menengah ke atas.

Di Seluma, kita bisa makan durian segar, campur kopi dan menikmati wisata kebun durian.  Inilah enaknya, bisa makan durian sepuasnya, bawa pulang lagi. Belum lagi, hidangan kopi duren, tempuyak, dan oleh-oleh petai untuk di bawa pulang ke Kota Bengkulu.

''Bagaimana istri di rumah tidak senang. Durian dapat, lalapan juga dapat," celetuk Arjuna Wiwaha, salah seorang tim radarbengkuluonline.com saat berburu durian di pondok kebun Desa Air Teras, Kecamatan Talo, Rabu (5/1). (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: