Dana BOS Sudah Disalurkan dengan Baik

Dana BOS Sudah Disalurkan dengan Baik

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Ditahun 2021 lalu, pencapaian penyaluran dana BOS (bantuan operasional sekolah) sebesar Rp 421,3 miliar atau mencapai 99,19 persen. Berbeda pada tahun sebelumnya, capaian yang terdata pada tanggal 31 Desember 2021 ini, cukup baik.  Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, Syarwan, SE MM kemarin Minggu (9/1).

Walaupun menurutnya beberapa bulan lalu, masih banyaknya serapan dana yang masih rendah, namun pada akhir tahun realisasi penyaluran dapat tercapai. "Ya, kalau dilihat dari data terakhir ini sudah mencapai 99,19 persen. Artinya cukup baik. Dana yang ada sudah dapat disalurkan ke sekolah sekolah," ujarnya. BACA DULU: Lanal Patroli Larang Ekspor Batu Bara

Terinci, bantuan dari pemerintah pusat ini diperuntukan untuk sekolah negeri baik SD, SMP hingga SMA sebanyak 7.026 sekolah. Untuk sekolah dengan dana afirmasi sebanyak 13 dan sekolah dengan dana kinerja sebanyak 37. Dengan anggaran pagu sebelumnya sebesar Rp 424,67 miliar.

Syarwan menambahkan anggaran bantuan ini tercapai lantaran banyak sekolah yang sudah menerapkan pembelian alat prokes covid. Seperti pembelian handsanitizer, masker, termogun, dan lain lainnya. Hingga saat ini pandemi masih melanda, oleh karena itu sekolah tetap diperbolehkan menggunakan anggaran tersebut untuk keperluan covid -19. BACA JUGA: Harga Sawit di Mukomuko Sudah di Atas Rp 3.000

"Terlebih lagi anak- anak sekolah saat ini sudah masuk belajar dengan kapasitas 100 persen. Maka banyak keperluan maupun kebutuhan yang menunjang belajar anak didik," tambahnya.

Disamping itu, Syarwan juga menegaskan, pihaknya membuka diri selebar mungkin ke pihak sekolah-sekolah termasuk Dinas terkait untuk mencari solusi alias jalan keluar untuk mengatasi rendahnya penyerapan pada waktu lalu.

PERLU DIBACA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (26) “Mari kita duduk satu meja, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, agar kemacetan serapan bisa hilang itu harapan kami ditahun ini,” tuntasnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: