Bang Ken Bangga, Satu Lagi Anak Bengkulu Jadi Jendral

Bang Ken Bangga, Satu Lagi Anak Bengkulu Jadi Jendral

radarbengkuluonline.com, - JAKARTA - Senator Bengkulu H. Ahmad Kanedi, SH, MH mengaku bangga terhadap prestasi yang ditorehkan oleh salah seorang anak Bengkulu. Beliau adalah Brigadir Jenderal TNI Djon Afriandi, S.I.P., M.S.D.A. "Bang Ken Bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh salah seorang anak Bengkulu," kata H. Ahmad Kanedi, kepada jurnalis radarbengkuluonline.com, Selasa (25/1) melalui pesan Whatsappnya.

Dikatakan Bang Ken, semoga karier dan prestasi yang telah diperoleh Brigadir Jenderal TNI Djon Afriandi akan terus bersinar di kemudian hari. "Saya berharap, Jendral Djon, akan lebih sukses lagi kedepannya. Jika boleh meminta kepada Allah SWT, Kita doakan agar beliau sukses dan bahkan hingga ke bintang 4, Aamiin," kata Kanedi.

Diceritakan Bang Ken, Jendral Djon ini berdarah Bengkulu, karena Ayahnya asli orang Bengkulu tepatnya di Pasar Melintang, Kecamatan Teluk Segara yakni Mayjen (purn) Afifudin Taif. "Ayahnya asli Bengkulu orang Pasar Melintang, Kecamatan Teluk Segara," jelas Bang Ken. BACA JUGA: Heboh, Rokok Palsu Beredar di Mukomuko

Ditambahkan Bang Ken, Jendral Djon ini memang kelahiran Payakumbuh Sumatera Barat, 14 Juni 1972. Saat itu ayahnya bertugas disana. "Jendral Djon ini lahir di Payakumbuh dan besar di Jabar. Serta jadi tentara Kopassus dan PaspamPres, berpengalaman saat bertugas di Aceh, sekarang bertugas di gunung Tidar Pakunyo pulau Jawa," ujar Bang Ken.

Sementara itu berdasarkan data dari link https://pejabatpublik.com/2022/01/23/profil-brigjen-djon-afriandi-peraih-adhi-makayasa-95-sandang-bintang-1/

Brigjend Djon Afriandi mendapatkan promosi jendral bintang satu bersamaan mutasi 328 pati TNI per 21 Januari 2022. Brigjen Djon promosi dari jabatan sebelumnya, Komandan Korem 012/Teuku Umar menjadi Komandan Resimen Taruna Akmil. Brigjen Djon dibesarkan di Kopassus dan Paspampres, setelah sempat singgah di Koorspri Kasad, Djon dua tahun menjabat Komandan Korem 012/Teuku Umar.

Jabatan terakhir di Paspampres adalah Wakil Komandan Grup A, sedang di Kopassus Komandan Grup 1/Kopassus (2017). Djon termasuk salah satu alumni Akmil 1995 yang menyandang bintang satu. Alumni 1995 yang lebih dulu menjabat Brigjen adalah Achmad Fauzi. BACA JUGA:  Dandim 0425 Seluma Rangkul Wartawan

Bersamaan dengan promosi Brigjen Djon Afriandi, Brigjen Achmad Fauzi dimutasi dari Komandan Korem 061/Suryakancana menjadi Dirjianbang Seskoad. Fauzi memperoleh pangkat Brigjen sejak 2020.

Ada pun salah satu prestasi Brigjen Djon Afriandi adalah saat memimpin satuan elit kopassus di Aceh. Kala itu ada sebuah momen di mana seorang prajurit Kopassus dengan berani menyelematkan seorang bocah perempuan di bawah berondongan peluru.

Prajurit itu bernama Pratu Stanley, anggota Kompi Kopassus anak buah Letnan Satu (Lettu) Inf Djon Afriandi. Saat itu, Djon yang menjabat sebagai Komandan Kompi (Danki) memimpin 10 orang prajuritnya untuk menjalankan misi merebut senjata sebanyaknya dari anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM). (hcr)

----- Berikut Biodata dan Karier Brigadir Jenderal TNI Djon Afriandi, S.I.P., M.S.D.A yang lahir 14 Juni 1972.

Djon Afriandi merupakan lulusan SMAN 2 Bandung dan lulusan terbaik Akademi Militer serta penerima Adhi Makayasa tahun 1995.

Lahir dari pasangan Afifuddin Thaib dan Surja Bhakti. Ayahnya juga merupakan salah seorang anggota TNI-AD.

Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Komandan Korem 012/Teuku Umar.

Riwayat Jabatan:

Komandan Batalyon 13 Grup 1/Kopassus Komandan Detasemen Walpri Grup A Paspampres Wakil Komandan Grup A Paspampres Asisten Operasi Danjen Kopassus Komandan Grup 1/Kopassus (2017) Koorspri Kasad Komandan Korem 012/Teuku Umar (2020—2022) Komandan Resimen Taruna Akmil (2022—Sekarang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: