Hartono: DPA Segera Diserahkan ke OPD

Hartono: DPA Segera Diserahkan ke OPD

radarbengkuluonline.com, KEPAHIANG - Sudah memasuki bulan Februari, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepahiang belum menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Hal ini berdampak pada tata kelola keuangan dinas instansi. Seperti keterlambatan pengeluaran gaji pegawai, program hingga kegiatan yang terancang pada dokumen anggaran pada tahun ini.

Mengenai keterlambatan DPA ini diakui oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd. Menurutnya, dalam waktu dekat seluruh OPD dipastikan telah menerima DPA. "Kita pastikan beberapa hari ini seluruh OPD sudah menerima DPA," ujar Hartono kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Meski demikian dijelaskan Hartono, tidak ada kendala yang berarti terkait dengan keterlambatan DPA belum diterima oleh OPD tersebut. Hanya lantaran beberapa diantaranya belum menyusun perencanaan kas dan proses SK untuk menunjuk bendahara.

Penyusunan perencanaan kas tersebut, diantaranya penginputan anggaran kas dan itu berada di masing-masing OPD. Namun menurutnya, beberapa OPD sudah mendapatkan DPA dan beberapa OPD yang belum. "Tidak ada kendala. Hanya OPD harus menyusun perencanaan kas sebagaimana dan sesuai dengan anggaran yang dialokasikan."

Hartono berharap setelah menerima DPA nantinya, masing-masing organisasi perangkat daerah segera melaksanakan program dan kegiatan. Terlebih merealisasikan yang dilaporkan penggunaannya setiap triwulannya. "Saat DPA diterima nanti, realisasikan lah anggaran sesuai dengan mata anggarannya, melaksanakan program dan kegiatan tepat waktu."(crv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: