Membangun Saluran  Air Harus Sesuai Kapasitas

Membangun Saluran   Air Harus Sesuai Kapasitas

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ramdani, SE., M.Si mengatakan, bencana banjir yang kerap melanda pemukiman warga di berbagai kecamatan harus bisa menjadi perhatian semua pihak. Itu tak terkecuali Pemerintah Desa.

 Katanya, salah satu yang bisa dilakukan oleh pemerintah desa, yaitu memastikan bangunan fisik, khususnya yang berhubungan dengan saluran air dibuat atau dibangun ideal sesuai kapasitas debit air. Sehingga tidak ada lagi cerita aliran air kurang lancar sehingga mengakibatkan banjir.

"Ya, misalkan kalau dari Dana Desa (DD) ada pembangunan gorong-gorong. Ini harus direncanakan betul. Berapa debit air maksimal, gorong-gorongnya disesuaikan. Jangan sampai terlalu kecil, sehingga aliran air tidak lancar, pas debit naik air meluap dan menyebabkan banjir," ujar Ramdani kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Kata Ramdani, dari peristiwa banjir yang terjadi belakangan ini, penyebabnya rata-rata akibat luapan air yang tidak lancar gara-gara saluran mampet. Kurang lancarnya saluran air itu salah satunya karena bangunan seperti gorong-gorong terlalu kecil. "Ini bagian dari antisipasi, supaya banjir tidak melanda wilayah desa masing-masing. Saran kami, pembangunan fisik yang berhubungan dengan aliran atau saluran air, agar direncanakan dengan matang," pesan Ramdani. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: