Sekda Hartono: Belum Ada Seleksi CPNS di Kepahiang

Sekda Hartono: Belum Ada Seleksi CPNS di Kepahiang

radarbengkuluonline.com,KEPAHIANG - Pemerintah Kabupaten Kepahiang belum memastikan ada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2022 ini. Ini disampaikan Sekretaris Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd. Meski begitu, menurutnya saat ini pemerintah daerah ini tengah melakukan analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK) sebelum mengajukan usulan kebutuhan pengadaan PNS. Begitu pula dengan usulan kebutuhan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), ia memastikan untuk kebutuhan PPPK ini lebih mayoritas pada kebutuhan guru tenaga pendidik. Khusus PPPK guru, pembiayaan gaji nantinya ditanggung oleh APBN dalam hal ini Pemerintah Pusat.

"Untuk tahun ini kita tidak bisa memastikan apakah ada Seleksi CPNS atau tidak. Yang jelas sebelum mengajukan kebutuhan formasi, daerah melakukan Anjab ABK untuk menganalisis formasi apa saja yang dibutuhkan. Terlebih di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), nanti dihitung dulu kebutuhan pegawainya," ujarnya kepada radarbengkuluonline.com tadi pagi.

Terlebih, lanjutnya, ditengah pembatasan belanja pegawai yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, belanja pegawai ini diketahui dikeluarkan hanya untuk memenuhi kebutuhan para ASN atau PNS, untuk pembayaran gaji dan tunjangan, serta pemenuhan kebutuhan utama birokrasi. "Ada sejumlah kajian sebelum diusulkannya formasi CPNS untuk Kabupaten Kepahiang, terlebih dari segi pembiayaan nantinya."

Namun, tidak dapat dipungkiri, kata Hartono, setiap tahunnya jumlah pegawai negeri sipil yang memasuki masa pensiun terus bertambah. Sehingga, mengenai hal itu berdampak pada berkurangnya pegawai teknis, administrasi maupun guru PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten.(crv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: