Dinas Perpustakaan & Kearsiapan Motivasi Perpustakaan Desa

Dinas Perpustakaan & Kearsiapan Motivasi Perpustakaan Desa

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Dinas Perpustakaan Dan Kearsiapan (DPK) Provinsi Bengkulu melakukan pembinaan sekaligus motivasi perpustakaan desa.

Selasa pagi (8/2) Kepala DPK dan Tim bersama tim penggerak PKK Provinsi Bengkulu melalui Pokja II melakukan kunjungan ke Perpus desa Cakrawala di Desa BP 1 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Kedatangan tim DPK provinsi ini merupakan bentuk silaturahmi, kepedulian, pembinaan (DPK) dalam rangka mewujudkan visi misi Gubernur Bengkulu. Disamping itu juga kunjungan pembinaan ini adalah dalam rangka peningkatan SDM peningkatan IPM Provinsi Bengkulu khususnya peningkatan literasi dan kegemaran membaca di provinsi Bengkulu.  

"Kita salut sekali dengan keberadaan dan eksistensi perpustakaan desa yang ada di Provinsi Bengkulu. Khususnya Perpustakaan Cakrawala milik desa BP 1 kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma ini. Mereka memiliki 400 anggota aktif berkunjung ke perpustakaan. Rata-rata kunjungan 25 s.d. 45 orang perhari. Merekapun memiliki 1.011 judul buku dengan 1.828 eksemplar buku. Ini luar biasa sekali, dengan program-program yang dibuat oleh pengurus Perpus masyarakat jadi tertarik untuk baca buku, tertarik untuk ke perpustakaan. Anak sekolah untuk menyelesaikan tugas sekolahnya datang ke Perpus, para bapak ibu warga desa membaca buku untuk menggali potensi sekitar. Misalkan saja mereka baca buku cara tanam cabe, cara tanam buah sukun beserta pengolahan dan pemasarannya, cara menanam ubi dll. Semua didapat dari buku. Luar biasa sekali, dari perpustakaan dapat mengentaskan kemiskinan. Dengan ke perpus baca buku orang bisa pintar dan sejahtera," ucapanya.

Disisi lain, Kades BP I, Suheri di hadapan Kadis menyampaikan keinginannya memperbesar dan menambah gedung perpustkaan desanya. "Kalau saja tidak dipangkas, maka tahun ini akan dibangun gedung tambahan untuk perpustakaan desa ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Pokja II Tim PKK Provinsi Bengkulu Hj. Mardensi mengatakan Kades jangan patah semengat untuk membangun desa.

"Banyak caranya. Salah satunya melalui dana Pokir anggota dewan DPRD Seluma. Nanti akan coba saya bicarakan dengan dewan seluma," kata Hj. Mardensi yang juga anggota DPRD Kota Bengkulu Fraksi Golkar. (ae2/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: