Ini Kuncinya Agar Kades Tidak Masuk Penjara

Ini Kuncinya Agar Kades Tidak Masuk Penjara

 Penggunaan DD Harus Sesuai Aturan radarbengkuluonline.com, BENTENG - Jika ingin aman, desa harus tertib administrasi. Hal ini terkait masih adanya desa yang dilaporkan terkait penyalahgunaan dana desa. Bahkan banyak Kepala Desa (Kades) yang masuk penjara karena menggunakan Dana Desa (DD) tak sesuai aturan.

"Kami meminta agar pemerintah desa untuk bisa tertib administrasi. Segala bentuk penggunaan dana desa harus sesuai dengan aturan," terang Kepala Dinas PMD Benteng, Tomi Marisi saat ditemui radarbengkuluonline.com di ruang kerjanya, Senin (14/2).

Ditambahkan, jika kepala desa mau aman, mereka harus melaksanakan semuanya sesuai aturan. Karena soal penggunaan dana desa itu sudah jelas tertuang dalam aturannya. "Kalau ada yang melenceng, maka itu bisa berdampak secara hukum," tegasnya.

Selain itu, aparat desa diminta bisa saling mengingatkan jika ada yang tidak benar dalam hal penggunaan keuangan desa. Apalagi di desa itu tidak hanya ada kepala desa saja. "Termasuk BPD dan masyarakat harus sama -sama saling mengingatkan. Apalagi desa sudah ada pendamping desa harus saling mengingatkan."

Ia yakin, jika penggunaan keuangan desa itu bisa sama-sama diawasi, maka penyalahgunaan itu tidak akan terjadi. Termasuk masyarakat bisa melihat itu semua dari pelaksanaan pembangunan desa. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: