Bupati Mian Buka FGD Penguatan Statistik Sektoral

Bupati Mian Buka FGD Penguatan Statistik Sektoral

radarbengkuluonline.com, ARGA MAKMUR - Dalam rangka menjamin kualitas data yang akan rilis dalam Publikasi Bengkulu Utara Dalam Angka Tahun 2022 dan Pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten BU Menuju Satu Data Indonesia dilakukan Fokus Group Discussion (FGD) bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkulu Utara dan OPD terkait, Selasa (15/2/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Pertemuan Resto Rama Agung yang dibuka langsung oleh Bupati BU, Ir. H. Mian yang turut dihadiri Kepala BPS BU, Iin Inayati, S,ST, MM dan jajaran, Kepala Diskominfo Suryadi, S. STP, M. Si, instansi terkait di lingkungan Pemda BU, perwakilan Polres dan instansi vertikal lainnya.

Bupati Mian dalam sambutannya menyampaikan, sangat mendukung dan mengapresiasi BPS Kabupaten Bengkulu Utara yang sudah memfasilitasi acara FGD ini bersama-sama dengan OPD/instansi terkait dalam Peningkatan Data Bengkulu Utara Dalam Angka. Beliau juga menyampaikan bahwa data itu sangat penting dalam suatu perencanaan pembangunan, sebagai alat kendali, dasar evaluasi dan dasar kebijakan pemerintah.

Beliau mengharapkan kepada seluruh OPD/instansi terkait untuk membantu BPS dalam menyiapkan data-data sektoral yang diperlukan BPS dalam penyusunan publikasi Bengkulu Utara Dalam Angka 2022 agar kedepan publikasi yang disajikan dapat dijadikan acuan/rujukan utama bagi pemerintah daerah dalam membuat keputusan dan pengguna data lainnya. Mengingat BPS mempunyai tugas pokok dalam penyiapan data dasar. Ini dilakukan tentunya dalam rangka membangun Bengkulu Utara yang lebih baik melalui data yang akurat.

“Penyusunan Bengkulu Utara Dalam Angka ini menjadi barometer kita dalam mengukur capaian. Kemudian juga posisinya dalam investasi yang masuk, dalam perencanaan pembangunan sekaligus untuk evaluasi terkait dengan capaian kinerja pemerintah daerah kita. Dan selanjutnya saya tekankan bahwa semua data yang kita miliki terkait potensi daerah sebaran penduduk demografi dan sebagainya rentan kendali itu harus mecing dari Pemkab, Provinsi sampai ke Bapenas di pusat. Dengan demikian ini semua terekam di dalam Bengkulu Utara Dalam Angka,” jelas Bupati Mian.

Sementara itu Kepala BPS Bengkulu Utara, Iin Inayati, S.ST, MM menyampaikan, bahwa pihaknya siapkan tabel - tabel yang akan diangkat di informasi tersebut.

"Kita siapkan tabel - tabel yang mau diangkat yang diambil dari tabel statistik dasar dari BPS sendiri maupun tabel dari statistik sektoral dari instansi -instansi yang berada di Kabupaten Bengkulu Utara," ujar Iin Inayati, S.ST, MM.

Ditambahkan oleh Kepala Diskominfo Bengkulu Utara,Suryadi S.STP , M.Si dalam paparannya menjelaskan tentang arti pentingnya data. Pembangunan suatu daerah tidak akan berhasil tanpa data. Pembangunan tanpa didukung dengan ketersediaan data yang baik, tentunya kebijakan yang diambil akan menjadi kurang tepat.

“Maka perlu dipahami bersama bahwa data dalam pembangunan memiliki fungsi yang sangat strategis. Data yang akurat bila digunakan dalam perumusan perencanaan tentunya akan menghasilkan rencana pembangunan yang tepat sasaran. Perencanaan pembangunan yang tepat sasaran sangat memerlukan data yang berkualitas, akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan dan terkini,” jelas Suryadi.

Suryadi juga mengharapkan, melalui FGD ini OPD/instansi terkait dapat duduk bersama dengan BPS Kabupaten Bengkulu Utara membahas permasalahan dan kendala-kendala dalam pengumpulan data Bengkulu Utara Dalam Angka yang akan dipublikasikan.

“Harapannya dengan diskusi terarah ini didapatkan hasil dan informasi yang sangat berguna bagi BPS dalam upaya perbaikan kualitas data Bengkulu Utara Dalam Angka yang akan dipublikasikan. Semoga pertemuan ini bermanfaat untuk pembangunan Bengkulu Utara yang lebih baik,” tuturnya. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: