Kegiatan Tabligh Akbar BKMM DMI Provinsi Bengkulu Berjalan Sukses

Kegiatan Tabligh Akbar BKMM DMI Provinsi Bengkulu Berjalan Sukses

radarbengkuluonline.com, BENGKULU – Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) Provinsi Bengkulu sukses adakan kegiatan Tabligh Akbar dan santunan berbagi dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H yang jatuh pada tanggal 28 Februari 2022. Pemateri kegiatan ini diisi oleh ustad Junaidi Hamsyah, M. Pd.I. Acara ini dihadiri oleh Organisasi Wanita Islam se-Kota Bengkulu, perwakilan Dewan Masjid Indonesia, Pengurus Masjid, Risma, perwakilan Panti Asuhan/Yayasan, dan para tamu undangan  di Masjid Raya Baitul Izzah, jalan Pembangunan, Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Selasa (22/02/2022).

Dalam ceramahnya, Ustad Junaidi Hamsyah menuturkan bahwa terdapat enam komponen salat yang benar agar seorang muslim terhindar dari perbuatan mungkar. Pertama, menumbuhkan kehadiran hati ketika mendirikan salat, tanpa mengingat yang lain selain Allah SWT, sehingga salat yang didirikan akan khusyuk. Kemudian, memahami bacaan salat, terutama Al-Fatihah. Lalu, mengagungkan Allah dengan mengingat bahwa seorang hamba tidak ada apa-apanya ketimbang Allah SWT Yang Maha besar. Selanjutnya, segan kepada Allah, berharap kepada Allah dan yang terakhir merasa malu kepada Allah. “Kalau keenam komponen itu hadir, itulah ketenangan hati,” tutur ustad Junaidi Hamsyah.

Diakhir acara, terdapat kegiatan membagikan santunan kepada Panti Asuhan atau Yayasan dan juga pemilihan nomor undian bagi yang beruntung akan mendapatkan doorprize. Terkait hal ini, ustad Junaidi Hamsyah sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh BKMM Provinsi Bengkulu, mengingat bukan hanya menyelenggarakan Tabligh Akbar saja, tetapi juga memberikan santunan kepada beberapa Panti Asuhan dan juga pembagian doorprize bagi jamaah yang beruntung. “Kegiatan ini bukan hanya kumpul-kumpul mendengarkan ceramah, akan tetapi berbagi kepada sesama. Harapannya kepedulian kepada sesama ini perlu ditingkatkan lagi, dan saya sangat mengapresiasi.”

Kemudian, Ketua BKMM Provinsi Bengkulu, Hj. Lenny Haryati Jhon Latief, S.E., M.Si mengatakan bahwa, para jamaah yang diundang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Ini terlihat dari para jamaah yang hadir sekitar 400 orang dengan mengundang sekitar 200 orang. Ia berharap, dengan diadakannya kegiatan Isra Mi’raj ini, dapat meningkatkan iman dan takwa, sehingga menjadi seorang muslim yang lebih baik lagi dan juga, semoga BKMM Provinsi Bengkulu semakin dikenal masyarakat luas, terkhusus Kota Bengkulu.

“Ya Alhamdulillah sesuai dengan undangan. Sebenarnya, yang diundang sekitar 200, Alhamdulillah yang datang sekitar 400 lebih. Ini menunjukkan bahwa kesadaran bagi umat Islam dalam kegiatan Isra Mikraj mereka antusias untuk hadir. Harapan dengan kegiatan  ini, agar bisa meningkatkan iman dan takwa dan menjadi muslim yang lebih baik lagi kedepannya. Insya Allah,” ujar Lenny.

Harapan untuk BKMM kedepan bisa lebih maju lagi dan bisa bermasyarakat. Kegiatan ini pernah tertunda karena covid dan Alhamdulillah 3 bulan terakhir kota sudah mulai lagi mengadakan acara. Dan Alhamdulillah sudah antusias disetiap masjid kita undang se kota Bengkulu, tapi Alhamdulillah tadi bukan majelis taklim masjid, tetapi organisasi Islam juga ikut hadir.

Ia menuturkan bahwa setiap kegiatan yang diadakan BKMM bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi ibu-ibu agar datang ke Masjid. Di masjid tidak hanya mendapat ilmu agama saja, melainkan mendapatkan ilmu umum, seperti misalnya masalah kesehatan, ekonomi maupun hukum. “Tujuannya untuk memberikan kesempatan untuk kaum ibu-ibu untuk datang ke masjid. Jadi diterapkn semua ilmu di BKMM.”

Sementara itu, Ana Agustina selaku Ketua Panitia kegiatan sekaligus Ketua Biro Organisasi BKMM Provinsi menuturkan, walaupun kegiatan ini diadakan ditengah pandemi, namun bisa berjalan sukses, karena sebelumnya para tamu undangan sudah diingatkan untuk selalu menjaga prokes. Seperti menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker dan juga tetap memenuhi presentasi maksimal dari kapasitas Masjid Raya Baitul Izza. “Kegiatan ini juga sudah mendapatkan izin dari Polres, Satpol PP dan pihak instansi terkait,” tutur Ana.

Dalam kegiatan ini terdapat lebih dari 20 orang panitia, terdiri dari ibu-ibu BKMM dan juga dari Risma  Baitul Izza yang saling membantu menyukseskan acara. Kemudian, untuk santunan berbagi 10 karpet telur diberikan kepada 5 Panti Asuhan/ Yayasan yang ada di Kota Bengkulu. “Ada 5, diantaranya Panti Asuhan Tunas Harapan, Yayasan As-Syakur, Panti Asuhan Bintang Terampil, Panti Asuhan Tunas Harapan Bangsa, dan Panti Asuhan Werdha Kota Bengkulu”.

Tidak hanya itu, banyak sekali doorprize yang dibagikan. Diantaranya kompor gas, magic com, kipas angin, mukena, Al-Quran, baju muslimah, sajadah, dan lainya. Anggaran dana untuk mengadakan kegiatan, memberikan santunan berbagi dan juga pembagian hadiah door prize undian berasal dari anggota BKMM, jamaah dan masyarakat yang kelebihan rezeki. “Dananya dari kita untuk kita, dari tokoh masyarakat yang mempunyai kelebihan rezeki.”

Lendi, perwakilan dari Yayasan As-Syakur mendapatkan santunan 10 karpet telur menuturkan sangat beryukur atas bantuan yang sudah diterima. Ia sangat berterimakasih kepada BKMM Provinsi Bengkulu. “Syukur, Alhamdulillah.” (Mg-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: