BRI Bengkulu Dinilai Sukses Salurkan BPUM

BRI Bengkulu Dinilai Sukses Salurkan BPUM

Radarbengkuluonline.com, BENGKULU – Guna membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19 Pemerintah menyalurkan sejumlah bantuan. Salah satunya Bantuan Presiden (Banpres) Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM yang disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bantuan ini merupakan bantuan untuk mendukung keberlangsungan UMKM ditengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, tokoh pemuda Provinsi Bengkulu Verizal,SE menilai BPUM atau BLT UMKM sudah memberikan dampak positif pada sektor UMKM di tengah kondisi ekonomi yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

"Jadi, lebih baik memang bagaimana pemerintah bisa cepat memberikan bantuan ke masyarakat khususnya pelaku UMKM, menyalurkan uang kepada masyarakat dan pelaku UMKM supaya roda perekonomian bisa berputar," tegas mantan Ketua KAMMI Tepi Barat Universitas Bengkulu ini, Rabu (23/2).

Lebih lanjut, ia mengatakan penyaluran BPUM di Provinsi Bengkulu menggunakan Bank BRI sebagai Bank penyalur sudah berjalan cukup baik dengan tingkat penyaluran yang tinggi. Kendati demikian, ia menjabarkan sejumlah tantangan yang perlu menjadi perbaikan dari penyaluran BPUM atau BLT UMKM, mulai dari perbaikan data hingga persyaratan penerima bantuan.

Selain itu, ia juga menekankan perlunya kemudahan, baik pengajuan maupun penyaluran bantuan yang diwakilkan kepada stakeholder seperti perbankan.

Sementara itu, salahseorang pelaku UMKM Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu Bekti.S mengaku adanya bantuan BPUM sangat berdampak positif pada keberlangsungan usahanya.

"Saya menerima bantuan BPUM dari pemerintah. Bantuan ini sangat membantu saya dalam mengembangkan usaha jamur tiram saya agar tetap survive dimasa pandemi Covid-19," jelasnya.

Diterangkannya, ia mengecek apakah mendapatkan bantuan BPUM di eform.bri.co.id.

"Saya mencairkan dana BPUM dengan mendatangi Bank BRI sebagai lembaga penyalur dengan membawa beberapa dokumen seperti E-KTP, fotokopi NIB atau SKU, Kartu Keluarga (KK) dan lainnya. Pelayanan di Bank BRI mudah dan cepat," pungkasnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: