Pidato Gubernur Dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Mukomuko

Pidato Gubernur Dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Mukomuko

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-19 Kabupaten Mukomuko, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah menyampaikan pidato. Melalui kesempatan itu, Gubernur mengucapkan Dirgahayu untuk "Kapuang Sati Ratau Batuah." "Atas nama seluruh masyarakat Bengkulu, saya mengucapkan Dirgahayu ke-19 Kabupaten Mukomuko. Selamat atas capaian selama 19 tahun terakhir," sampai Gubernur. Gubernur mengatakan, memperingati HUT merupakan momen penting. Jadikan momentum ini sebagai momen untuk mensyukuri apa yang telah dicapai selama ini. Kemudian tentu menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja, agar apa yang menjadi cita-cita dapat diwujudkan bersama. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menekankan 6 poin penting kepada Pemerintahan Kabupaten Mukomuko. Pertama, Gubernur meminta kepada Pemkab Mukomuko betul-betul memetakan potensi sumber daya. Terkait dengan kawasan hutan, kawasan pesisir, perkebunan besar, perkebunan rakyat, termasuk destinasi wisata yang harus dibakukan betul. Kedua, Rohidin menekankan konektivitas antar kecamatan dan antar kabupaten tetangga juga menjadi perhatian serius.

Kemudian Ketiga, Gubernur berharap pengelolan Dana Desa di Mukomuko dapat dikelola dan dimanfaatkan secara produktif. "Buat program bersama antar desa. Sehingga warga dan dinamika ekonomi dalam satu wilayah itu akan tumbuh. Misalkan, dalam satu kecamatan membuat program bersama menanam tanaman buah-buahan sejenis. Sehingga satu kecamatan tertentu menjadi sumber produksi buah tertentu," papar Rohidin. Keempat, Pemkab diminta menjaga kondusivitas daerah. Untuk ini Kepala Daerah diminta menjalin sinergitas dengan seluruh FKPD yang ada di daerah, Tokoh Adat, dan Kepala Kaum.

Selanjutnya kelima, untuk fokus dengan infrastruktur dasar. Yakni pendidikan dan kesehatan. "Ini penting untuk menjadi perhatian serius," imbaunya. Dan pesan Gubernur terakhir yaitu meminta Pemkab untuk terus mendorong kepatuhan terhadap protokol kesehatan (Prokes) serta terus melakukan upaya mengejar target vaksinasi. "Saya apresiasi kinerja Bupati dan jajaran Pemkab Mukomuko, untuk capaian vaksinasi, Mukomuko sempat terbawah, namun dengan kerja keras, sekarang capaian vaksinasi Mukomuko nomor 5 dari 10 kabupaten/kota," demikian Gubernur.(Sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: