Inilah Orang-Orang Yang Terlibat dan Bolak Balik  di Provinsi Bengkulu (30)

Inilah Orang-Orang Yang Terlibat dan Bolak Balik  di Provinsi Bengkulu (30)

Gubernur Bengkulu ,Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A dan Wakil Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rosjonsyah, S.I.P., M.Si  yang memimpin Provinsi Bengkulu saat ini, termasuk para pejabat di Bengkulu harusnya bersyukur dan berterima kasih dengan  tokoh-tokoh dan rakyat Bengkulu tempo dulu. Sebab, mereka sudah berjasa besar berjuang hingga berdiri dan diresmikannya Provinsi Bengkulu tanggal 18 November 1968 . Pendirian Provinsi Bengkulu itu bukan hadiah, tapi, ada proses perjuangan panjang warga dan tokoh masyarakat  Bengkulu.  Sebab, Bengkulu waktu itu adalah Residen Bengkulu yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Pemisahan diri dari Sumatera Selatan itu juga tidak mudah. Mereka banyak yang terlibat dan bolak balik untuk memperjuangkan Provinsi Bengkulu. Perjuangannya itu mirip dengan pendirian negara Republik Indonesia. Ini perlu diketahui oleh semua warga Bengkulu agar semua tahu dan menghargai perjuangannya. Dengan demikian nantinya dan bisa juga mengisi pembangunan ini bersama pemerintah. Mengapa memisahkan diri? Apa yang dihadapi? Siapa yang terlibat? Mau tahu! Gampang! Baca Laporan wartawan radarbengkuluonline.com secara sambung  menyambung setiap hari.(*)

AZMALIAR ZAROS- Kota Bengkulu  

Peresmian Provinsi Bengkulu Ditetapkan  18 November 1968 

radarbengkuluonline.com - Tanggal 7 September 1968 Affandi Abidin kembali menemui Dirjen PUOD. Sesuai dengan pesannya, keputusannya sudah ada. Peresmiannya ditetapkan tanggal 18 November 1968. Pj Gubernur yang ditunjuk adalah M.Ali Amin SH yang merupakan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. Beliau menyarankan bantulah dan dukunglah Ali Amin ini untuk memimpin daerah ini.

Dikatakan juga, tugas Ali Amin ini sangat berat. Tapi dia yakin Ali Amin dapat melaksanakan tugas ini. Setelah itu, dia menyerahkan selembar surat kawat dari Mendagri yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Selatan tanggal 8 Agustus 1968 No.Pemda.11/2-33 yang isinya:

Aaa. Berdasarkan skp.Pres.tgl 4-11-68 No.43/m thn 1968 terhitung tanggal pelantikannya sdr.M.Ali Amin SH diberhentikan dh dari jab.Wagub kdh.tk I Prop Sumsel dan diangkat sbg penguasa yg melaksanakan pemerintahan Prop Bengkulu dgn gelar pd gub.

Bbb.direncakan pelantikan ybs di Bengkulu dilakukan pada tgl 8-11-68 oleh Mendagri.

ccc.hrp mulai diadakan persiapan untuk pelaksanaan pelantikan dan serah terima tugas dan tanggung jawab atas pem Prop. Bengkulu.

Hari itu juga Affandi Abidin mengabarkan pada Presidium Perjuangan Provinsi Bengkulu di Bengkulu tentang kepastian peresmian Provinsi Bengkulu. Sebab, hal itu memang  sudah ditunggu-tunggu oleh rakyat Bengkulu selama ini. (bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: